2 Tahap Proses Persetujuan Review Google Adsense


Adsense merupakan situs program kerjasama periklanan melalui media internet dari perusahaan search engine terbesar di dunia, Google. Melalui situs periklanan ini, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar sebagai publisher Adsense dan telah diterima keanggotaannya dapat memasang iklan yang materinya telah ditentukan Google di halaman web tersebut dan akan memperoleh laba melalui sistem Pay Per Click.

Program yang dibentuk pada Februari tahun 2003 ini secara resmi menyediakan industri atau jasa informasi dan komunikasi yang bermarkas besar di California, AS. Namun, dalam proses pengajuan untuk menjadi publisher Adsense, pengguna seringkali mengalami kesulitan hingga berujung pada penolakan. Berikut beberapa tahapan dan tips untuk membantu proses persetujuan review Google Adsense.

2 Tahap Proses Persetujuan Review Google Adsense


1. Tahap pertama

Secara singkat, pengunjung pertama-tama harus mendaftar ke Google Adsense. Setelah pengisian data yang diperlukan, tim Adsense kemudian akan melakukan pemeriksaan tahap awal atas informasi yang telah pengguna isi berdasarkan pertanyaan yang diajukan website tersebut. Jika semua dianggap baik, pihak Adesense akan mengirimkan e-mail bahwa pengajuan telah diterima.

Setiap publisher yang telah lolos tahap pertama ini sudah dapat mengakses dasbor Adsense, memiliki kode iklan untuk dipasang di website sebagai salah satu syarat wajib. Persetujuan pertama ini mengartikan bahwa publisher merupakan pemilik sah dari website yang diajukan dan kemudian dapat di review ulang oleh tim Adsense.

Setelah publisher menerapkan iklan di masing-masing blog nya, tim Adsense akan mereview kembali blog tersebut secara seksama dan melihat apakah blog tersebut telah memenuhi kritetia dan ketentuan yang berlaku. Jika terbukti sesuai dengan peraturan, pihak Adsense akan kembali mengirimkan e-mail pemberitahuan bahwa pengguna tersebut telah resmi diterima secara penuh sebagai publisher Adsense.

2. Tahap kedua
Dalam tahap kedua ini, selama proses penerimaan tahap kedua belum usai, publisher hanya dapat mengakses dasbor Adsense saja namun tetap ada pemberitahuan yang menyatakan bahwa akun tersebut masih dalam masa peninjauan. Selama menunggu proses penerimaan tahap kedua, publisher dapat memulai aktivitas blogging nya seperti biasa seperti update artikel maupun promosi blog karena Google menyukai blog yang sering diperbarui.

Jadi publisher tidak perlu menunggu persetujuan tahap kedua untuk memulai aktifitas blogging nya. Ketika memulai proses persetujuan tahap kedua, publisher diminta untuk memasang iklan paling banyak tiga unit iklan dalam satu halaman dalam posisi header maupun di side bar. Posisi ini juga perlu diperhatikan karena tim Adsense tidak akan mereview iklan yang diletakkan di tengah halaman.

Setelah proses penerapan iklan sesuai aturan Adsense dipenuhi, publisher telah secara resmi terdaftar sebagai publisher Adsense namun masih harus mengaktifkan akun Adsense tersebut. Pertama, hubungkan situs atau blog yang telah dimiliki tersebut dengan akun Adsense yang telah lolos dua tahap review, lalu berikan alamat pembayaran dan verifikasi nomor telepon untuk mulai menghasilkan uang dari iklan di situs Adsense tersebut
2 tahap proses persetujuan review google adsense

Tips lolos persetujuan review Google Adsense


1. Periklanan
Bagi pengguna blog yang sudah sering memasang iklan lain dalam situs nya, tidak dipaksakan untuk membuang atau menghapus iklan tersebut selama iklan tidak melanggar TOS Adsense. Namun, banyak para ahli Adsense menyarankan untuk menghapus sementara iklan agar pengajuan publisher dapat diterima sepenuhnya.

2. Konten yang sesuai
Pastikan situs memiliki cukup waktu tayang dan konten tekstual untuk dapat dievaluasi para pakar Adsense. Apabila situs tersebut masih terbilang baru, tidak dapat dimuat atau sulit dinavigasi, pihak Adsense tidak dapat mengaktifkan akun yang pengguna ajukan tersebut.

3. Perbarui postingan
Google menyukai update-an iklan-iklan dan postingan setiap hari. Untuk dapat direview dengan cepat dan baik oleh pihak Adsense, lakukan pembaruan 1-2 postingan setiap hari karena Adsense akan melihat keseriusan publisher dalam mengelola blog

4. Navigasi blog
Usahakan untuk menyisipkan navigasi pada blog seperti kotak penelusuran, Blog Archive, widget about me hingga postingan terpopuler. Dengan melakukan hal tersebut, pihak Adsense akan menilai bahwa situs yang dimiliki publisher tersebut mengutamakan kenyamanan pengunjung ke situs tersebut.

5. Visitor

Semakin banyak pengunjung ke situs publisher semakin besar peluang yang diberikan pihak Adsense kepada si publisher. Usahakan untuk membagikan artikel ke akun sosial media lain seperti twitter, facebook, instagram, google plus, pinterest maupun akun lain dengan demikian situs dapat mendapatkan traffic dan backlink yang menguntungkan proses persetujuan sebagai publisher Adsense.

6. Halaman statis

Perlengkap situs dengan menambahkan fitur Home, About Me, Contact Me, Privacy Policy, Disclaimer maupun daftar isi agar tampilan situs terlihat berkualitas serta membuat pengunjung mudah untuk mengakses terutama dengan adanya fitur Contact Me untuk feedback dan keberlanjutan percakapan.
http://bit.ly/2H3ByLK