5 Kesalahan Terbesar Blogger dan Cara Mengatasinya


Banyak orang menganggap blogger adalah pekerjaan yang paling mudah dan menyenangkan. Tak perlu capek-capek, uang bisa langsung mengalir ke rekening setiap harinya. Anggapan seperti ini memang tidak salah, tetapi tidak sepenuhnya pula benar. Sebab seorang blogger sukses yang bisa meraup pundi-pundi rupiah hingga puluhan juta memulainya dari tingkatan paling bawah.

Mereka harus mulai dengan blog yang sederhana dan tak dilirik pembaca, hingga bisa dikunjungi puluhan ribu pembaca dalam sehari. Semuanya melalui proses yang panjang dan tidak sebentar, butuh waktu sampai bertahun-tahun. Meskipun sudah bertahun-tahun, belum tentu pula sang blogger bisa langsung menikmati jerih payahnya, namun masih ada hambatan terjal di depan sana.

Dari sekian banyak blogger yang berkecimpung dan sukses, masih saja ada yang melakukan kesalahan. Kesalahan-kesalahan tersebut sayangnya dicontoh pula oleh para blogger amatir yang baru ingin memulai. Tanpa disadari berbagai kesalahan ini menjadi kerikil kecil yang mungkin tak kasat mata dan luput dari perhatian. Agar tak mengulangi hal yang sama, anda tentunya harus mengetahui kesalahan kecil namun fatal tersebut.
5 Kesalahan Terbesar Blogger dan Cara Mengatasinya

Kesalahan kecil namun fatal bagi blogger


Setidaknya ada 5 kesalahan yang dianggap fatal tapi terkesan disepelekan oleh para blogger sukses maupun pemula, yakni.

1. Format postingan
Anda tentu menyadari bahwa membaca pada layar komputer ataupun smartphone jauh lebih melelahkan daripada membaca tulisan pada kertas. Dibutuhkan usaha ekstra untuk memfokuskan perhatian pada layar saat anda membaca blog. Terlebih jika pembaca anda terbiasa membaca melalui smartphone yang sering terganggu dengan berbagai notifikasi dari media sosial dan aplikasi chat.

Pengunjung blog tentu tak ingin mereka ditambah lelah dengan format postingan yang terkesan asal-asalan. Apalagi kalau tulisan terlihat bercampur baur tanpa ada tanda baca yang jelas dan penekanan yang tepat. Alih-alih membaca, mereka akan memblacklist laman blog dari daftar wajib yang harus dikunjungi saat berselancar. Kalau sudah begini, anda kehilangan satu pengunjung setia yang berpengaruh penting pada ranking blog.

Untuk mengatasinya, anda bisa mengubah format postingan semenarik mungkin. Coba perhatikan beberapa postingan sebelumnya, apakah sudah atraktif atau malah sebaliknya. Orang tentu lebih mudah tertarik perhatiannya dengan sesuatu yang bersifat visual daripada bacaan. Oleh karena itu, tak ada salahnya menambah bullet-list sebagai pembagi antara satu tulisan dengan yang lain.

2. Melewatkan editing
Blog seyogyanya menjadi penyegar dari kepenatan beraktivitas seharian, bukan sebaliknya. Ketika tulisan pada blog anda terkesan asal-asalan dan banyak typo disana-sini, pembaca akan merasa kesulitan yang cukup berarti. Mungkin tidak masalah jika ini terjadi sesekali dan tidak terlalu banyak, tetapi bagaimana jika typo atau kesalahan tulis sudah terlalu sering dan merata?

Keaktifan anda dalam blogging jelas mempengaruhi ranking serta pendapatan anda di dunia maya. Tetapi jangan abaikan hal yang satu ini bila anda ingin meningkatkan kualitas blog serta sukses sebagai seorang blogger. Cara paling bijak untuk mengatasinya tentu saja menyediakan waktu untuk sekedar editing. Tidak harus pada waktu yang sama, anda bisa meninggalkannya beberapa jam sebelum diedit.

Dengan begini, anda memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat dan memulihkan pikiran. Melakukan proses editing dalam keadaan yang rileks akan membantu anda menemukan ide yang lebih lancar. Tulisan yang terkesan loncat juga bisa diperbaiki dengan tatanan kata yang lebih bagus serta mengalir. Jika anda terbiasa menulis di malam hari, sediakan waktu di pagi hari untuk mengedit setelah tubuh beristirahat penuh.

3. Tujuan ngeblog
Manusia harus memiliki tujuan hidup yang jelas, termasuk halnya dengan blogging. Kebanyakan dari kita mungkin berniat iseng-iseng belaka, sekedar mengisi waktu luang. Mengapa tidak dijadikan sebagai sebuah rutinitas yang menghasilkan pendapatan saja sekalian? Mencontoh dari para blogger yang sukses, seharusnya anda bisa berkaca dari kerja keras mereka di dunia maya.

Membangun blog dengan tujuan yang jelas akan membantu anda mengatasi kebosanan setelah beberapa waktu. Tujuan disini dapat bermacam-macam, seperti meningkatkan pundi-pundi rupiah, meningkatkan kemampuan menulis, atau sebagai ajang promosi. Semuanya bisa dilakukan dan tidak ada yang salah, selama anda konsisten mengelola blog yang dimiliki.

Supaya tujuan di awal tersebut tercapai, jangan lupa membuat pencapaian jangka pendek atau menengah. Dengan begini, anda punya acuan seberapa besar usaha yang harus dilakukan dalam 1 – 2 tahun ke depan. Misalnya saja bagi anda yang ingin mendapatkan uang dari blog, anda harus mampu meningkatkan ranking blog serta meraup $1000 per bulan.

4. Call to action atau ajakan
Ini sangat penting untuk dicermati, pasalnya banyak blogger yang lupa mengakhiri setiap postingan mereka. Padahal kalimat akhir menjadi senjata pamungkas untuk anda mengajak atau mempengaruhi para pembaca. Entah itu ajakan untuk berlangganan artikel, meninggalkan komentar pada setiap postingan atau sesuatu yang mungkin bermanfaat pula bagi pembaca.

Anda bisa mulai mengecek kembali setiap postingan yang telah lalu. Perhatikan apakah anda sudah memasukkan call to action ini ke dalamnya atau belum. Jika belum, mulailah mengedit tulisan tersebut dan masukkan call to action yang persuasif. Setelah itu lihat bagaimana postingan anda bisa berpengaruh pada tujuan yang telah dicanangkan sedari awal.

5. Konsisten
Penyakit yang paling sulit dihindari dan diatasi oleh para blogger profesional maupun amatir. Alasannya sangat beragam, mulai dari mampet ide sampai sulit menemukan waktu yang tepat. Tak ada alasan jika ingin sukses, anda harus mau berkorban waktu, tenaga dan pikiran. Sulit memang membuat konten dan artikel yang menarik, tapi anda harus mengusahakannya.

Satu hal yang pasti, kualitas jauh lebih baik daripada kuantitas. Seberapa sering seseorang meng-update blognya, maka sebagus itu pula kualitasnya di mata para pembaca. Pengunjung tentu merasa terganggu dengan tingkat konsistensi yang rendah dari penulis. Oleh karena itu, usahakan untuk memposting setidaknya 1 tulisan dalam seminggu untuk mengaktifkan blog anda.