Topik Blog yang Tidak Sesuai Dengan Adsense


Sebelum membahas topik blog yang tidak sesuai dengan adsense, rasanya akan lebih pas kalau kita memahami konsep dari adsense itu sendiri. Pertama tama perlu saya ingatkan kembali kalau adsense merupakan portal iklan milik google yang memasarkan produk dari pihak podusen. Produsen ini membayar adsense untuk mengiklankan produk mereka di dunia maya. Lantas adsense membuka peluang bagi anda yang memiliki blog atau situs untuk menjadi tempat mereka menempatkan iklan dari produsen tersebut.


Adsense Hanya Akan Menampilkan Produk Yang Relevan Dengan Konten


Selanjutnya anda juga harus tahu alasan utama kenapa adsense memiliki filter yang sangat ketat terkait blog atau situs yang mendaftar untuk berkerja sama dengan mereka. Ada banyak hal yang mempengaruhi sebenarnya. Tapi salah satu yang paling utama adalah konten dari situs atau blog yang anda miliki. Kenapa konten sangat penting? Hal ini dikarenakan, adsense hanya akan bekerja sama dengan situs atau blog yang relevan dengan produk yang akan diiklankan.

Jika anda memiliki sebuah blog yang membahas perihal otomotif, maka iklan adsense yang akan muncul juga merupakan iklan terkait otomotif. Begitu juga jika anda memiliki blog atau situs yang membahas perihal masakan, maka kemungkinan besar iklan adsense yang muncul adalah segala sesuatu yang terkait dengan masakan. Intinya adsense akan menampilkan iklan yang sesuai dengan niche dari situs dan blog yang anda milik.

Karenanya saat anda membangun blog atau situs yang akan dimonetisasi dengan adsense, anda harus benar benar memperhatikan topik yang akan anda bahas. Hal ini dikarenakan ada topik topik tertentu yang tidak dilarang oleh adsense, tapi sepertinya tidak sesuai untuk dimonetisasi dengan adsense karena pengiklannya hanya sedikit. Efek dari hal ini, harga perklik dari iklan yang muncul di blog anda biasanya akan menjadi sangat murah.
Topik Blog yang Tidak Sesuai Dengan Adsense

Beberapa Topik Blog Yang Tidak Sesuai Dengan Adsense


Berikuti ini ada beberapa topik blog yang kami rasa kurang sesuai jika anda berencara untuk melakukan monetisasi dengan menggunakan adsense.

1. Blog dengan niche Politik

Meski sering menjadi viral, rasanya topik politik ini kurang “menjual” jika anda berencana untuk melakukan monetisasi dengan adsense. Silakan anda pertimbangkan sendiri, kira seberapa besar potensi keberadaan pengiklan di bidang politik ini? Tentunya sangat minim bukan? karenanya anda harus menghindari membuat blog dengan tema politik seperti ini. terkecuali jika anda memiliki blog dengan jumlah pengunjung jutaan perharinya.

Situs mengenai politik memang tidak dilarang, tapi seringkali iklan yang muncul menjadi tidak relevan. Hal ini tentunya membuat harga perklik dari iklan tersebut menjadi sangat murah. Tapi tentunya harga per klik yang murah ini akan memiliki nilai jika jumlah pengunjung blog anda jutaan seperti yang saya sebutkan di atas. Karenanya jangan heran jika pembahasan politik seperti ini kebanyakan hanya dilakukan oleh situs besar saja.

2. Blog dengan niche Agama
Meskipun terbilang ramai dikunjungi, situs atau blog yang melakukan pembahasan topik mengenai agama rasanya kurang sesuai jika dimonetisasi dengan adsense. Senada dengan tema politik yang kita bahas sebelumnya, hanya sedikit saja pengiklan di dalam topik agama ini. Terlebih rasanya kurang bijak jika anda melakukan monetisasi terhadap blog dengan topik agama seperti ini.

Bagaimana tidak, kebanyakan situs atau blog mengenai agama biasanya digunakan sebagai sarana pemberitahuan dan amal saja. Apalagi ada beberapa konten iklan adsense yang terbilang bertentangan dengan prinsip ada agama tertentu. Tentunya hal ini harus anda minimalisir karena seringkali iklan yang muncul di blog agama merupakan iklan random yang tidak relevan dengan topik.

3. Blog dengan niche Gosip
Topik selanjutnya yang saya rasa tidak sesuai untuk dimonetisasi dengan adsense adalah blog mengenai gosip. Selain tidak bermanfaat, saya rasa blog dengan topik gosip memang tidak memiliki keterkaitan dengan produk adsense itu sendiri. Coba anda bayangkan sendiri, jika blog yang membahas masakan akan menampilkan iklan terkait peralatan masak atau buku masakan, kira kira apa iklan yang muncul pada blog yang membahas gosip?

Mungkinkan akan muncul iklan microfon atau speaker aktif? Atau mungkin akan keluar iklan ember? Meskipun tidak dilarang oleh TOS adsense, topik gosip

sangat tidak direkomendasikan untuk dimonetisasi dengan adsense karena hanya akan menghasilkan harga per klik yang rendah. Terlebih, prinsip blog adalah untuk berbagi dan memberi informasi, bukan membicarakan orang lain.

4. Topik olahraga
Alasannya sama dengan topik selebritis di atas, yaitu rendahnya nilai per klik dan tidak ada produk bernilai tinggi berkaitan dengan momen olahraga.

5. Blog dengan niche dewasa
Terakhir yang sangat tidak direkomendasikan adalah blog yang membahas mengenai konten dewasa atau berbau pornografi. Terkadang saya masih heran kenapa banyak saja orang yang membahas konten seperti ini. Selain dilarang dan dianggap melanggar TOS adsense serta norma asusila secara umum, pastinya topik seperti ini juga tidak memiliki pengiklan yang banyak. Terlebih situs dengan konten seperti ini mengkatkan resiko kerusakan mental dan kekerasan seksual. Saya yakin anda tidak mau disalahkan sebagai pelopor hancurnya mental bangsa bukan?