5 Syarat Menjadi Seorang Blogger Sukses


Saya ingin ngeblog, tapi harus mulai darimana ya? Blog saya harus diisi konten apa supaya menarik? Pertanyaan-pertanyaan tersebut sangat umum diajukan oleh para blogger pemula. Mereka yang baru saja mengenal dunia tulis-menulis, terutama blog tentu akan dibuat bingung. Terlebih melihat begitu banyak blog menarik yang bersliweran di jagat maya atau internet.

Hampir setiap hari ada saja blogger baru yang bermunculan di dunia maya dan mencoba keberuntungan mereka. Internet atau dunia maya kini tak lagi dianggap sebagai sesuatu yang menakutkan bagi masyarakat Indonesia. Bahkan banyak dari mereka yang sengaja bergelut didalamnya untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah dengan menelurkan konten kreatif.

Bukan hanya melalui media blog, tetapi adapula yang mencoba membuat channel youtube serta akun instagram. Semuanya dikelola secara kreatif dan selalu inovatif untuk mampu menarik minat pengguna internet. Tak sedikit pula yang akhirnya membuktikan keberhasilan mereka sebagai seorang selebritas di dunia maya, sebut saja Raditya Dika yang berawal dari blog komedi miliknya.

Catatan keberhasilan tersebut kian panjang dari waktu ke waktu. Kian meleknya masyarakat mengenal dunia internet, semakin tinggi pula antusias mereka untuk berkarya. Entah itu dinilai sopan yang sesuai dengan norma atau sebaliknya, tetap saja para talent ini bermunculan. Kebanyakan dari mereka memang berawal dari kontroversi, seperti gaya pacaran yang kebablasan sampai ribut antar sesama selebritas.

Untuk blog sendiri, tentu jauh lebih adem ayem bila dibandingkan channel youtube atau akun instagram. Sayangnya tetap saja ada satu dua masalah yang muncul, seperti pencurian ide dan karya sampai plagiat. Hal ini pastinya membuat siapapun yang ingin terjun sebagai blogger harus berhati-hati. Blogger sudah seharusnya inovatif tanpa harus mencomot ide brilian dari orang lain yang diaku-aku.
Syarat Mudah Menjadi Blogger Sukses

Syarat Mudah Menjadi Blogger Sukses


Menggeluti dunia blog bukan berarti anda tak bisa populer dan sukses layaknya artis maupun selebritas. Anda bisa memulai sukses dari laman blog yang dikelola secara baik, asal anda memperhatikan hal-hal berikut:

1. Artikel yang menarik dan berkualitas
Syarat utama untuk menjadi seorang blogger adalah kemampuan menulis sebuah artikel yang menarik dan berkualitas. Artikel bukan hanya padat informasi, tetapi juga harus dekat dengan keseharian pembaca. Artinya pembaca tidak merasa aneh apalagi riskan saat membaca tulisan yang anda publish. Tulisan juga harus mengalir dan terkesan sederhana saat dibaca dan dihayati.

Kemampuan menulis tidak bisa didapatkan serta-merta begitu saja. Seorang blogger profesional sekalipun harus melewatkan sekian puluh jam untuk mendapatkan hasil tulisan yang bagus di masa sekarang. Mungkin tulisan mereka sebelumnya masih banyak kekeliruan dan terkesan kaku saat dibaca. Hal tersebut tak menjadi masalah, selama blogger berkeinginan berubah dan memperbaiki.

Blogger yang baik tidak boleh merasa cepat puas dengan hasil tulisan yang dia publish. Ia tetap harus menyempatkan diri membaca sekali lagi tulisan untuk mendapatkan titik lemah. Selalu merasa kurang puas akan membawa anda pada kebaikan di masa mendatang. Anda akan memiliki keinginan kuat untuk selalu berinovasi dengan tulisan yang berbobot.

2. Berinovasi dan kreatif
Berpikir kreatif menjadi sisi lain dari pengembangan blog dan berhasil di jagat maya. Anda tak bisa mengandalkan kenalan dan teman untuk blogwalking di blog anda setiap waktu. Laman blog harus mampu menyita perhatian pembaca baru dinikmati oleh para pengunjung. Entah itu dari ide kreatif yang dimunculkan ataupun pengaturan tata letak pada blog yang terkesan nyaman dilihat.

Seorang blogger profesional tak hanya berpikir kreatif tetapi juga inovatif. Perlukah blogger berinovasi setiap waktu agar blog mereka tetap eksis di dunia maya? Jawabannya tentu saja wajib, sebab pembaca mencari sesuatu yang baru dan segar setiap waktu. Mereka terlalu bosan membaca atau menemui hal yang sama dari beragam blog yang dikunjungi.

Tak harus selalu menelurkan ide baru, namun buatlah sesuatu yang baru dari blog anda. Kebanyakan blogger profesional menceritakan pengalaman mereka hingga menjadi sukses dan menjualnya di internet. Mereka memiliki kemampuan persuasif yang kuat, sehingga produk ataupun jasa yang ditawarkan bisa laris-manis di mata para pembaca dan pengunjung setia blog mereka.

3. Jangan mudah menyerah
Kebanyakan dari kita menyerah di tengah jalan setelah menemukan hambatan atau tak kunjung membuahkan hasil. Padahal membangun blog yang sukses tak bisa dilakukan dalam 1 – 2 bulan, tetapi butuh bertahun-tahun. Sudah banyak blogger yang membuktikannya dan hasilnya mereka bisa sukses dan meraup untung yang tidak bisa dibilang sedikit, bahkan sampai puluhan juta.

Pembaca butuh waktu untuk menemukan inovasi dan kreativitas dari laman blog anda. Mereka mungkin baru menyadarinya setelah 1 – 2 tahun setelah rajin berkunjung ke laman blog tertentu. Tetaplah rajin memposting artikel yang sesuai dengan passion atau hobi anda, sehingga anda tak merasa jenuh. Jadi, jangan mudah menyerah untuk bisa mewujudkan mimpi menjadi seorang blogger sukses.

4. Hindari plagiarisme
Tak akan ada advertising yang mau bekerjasama dengan seseorang yang hobi melakukan plagiat. Tulisan anda tak orisinal, bagaimana bisa perusahaan advertising bisa mempercayakan promosinya pada blog anda? Blogger memang dituntut untuk konsisten mempublish tulisan yang berkualitas, tapi bukan berarti anda bisa dengan seenaknya copy paste tulisan dari laman blog orang lain.

5. Berbagi ilmu dengan blogger pemula
Orang yang sukses sudah melewati kerikil dan tanjakan tajam sebelum mencapai puncak kesuksesannya. Coba tanyakan pada mereka yang sudah terlebih dahulu sukses, bagaimana cara mereka bisa seperti sekarang. Para blogger sukses takkan pelit berbagi ilmu dan memberikan tips bagaimana bisa sesukses sekarang. Sebagai blogger pemula, belajarlah dari setiap pengalaman mereka untuk bisa berbenah diri.