Apa itu Google DFP Small Business?


DFP (DoubleClick for Publisher) Small Business dianggap sebagai solusi yang pas untuk penayangan iklan yang dihosting. DFP ini merupakan semacam tool atau aplikasi online, yang bisa dimanfaatkan kaitannya dengan pengelolaan inventori iklan yang hendak ditampilkan di situs Anda.

Sedangkan kata Small Business di sini merujuk pada penggunaannya. DFP ini bisa digunakan secara gratis hingga batas jumlah impresi tertentu. Namun, meskipun ada batasan seperti itu, ini sudah lebih dari cukup bagi kebanyakan pelaku bisnis oline kecil-kecilan.

Contoh Kondisi yang Memanfaatkan Bantuan DFP


Supaya lebih paham mengenai DFP ini, coba posisikan diri Anda dalam beberapa kondisi yang ada di bawah ini:

1. Anda menggunakan Adsense, lalu pada saat yang bersamaan pula Anda menerima iklan dari pengiklan lain secara langsung

2. Anda melakukan kerjasama dengan sejumlah jaringan periklanan yang berbasis CPM, tetapi Anda hanya berkehendak untuk menampilkan iklan yang nilai CPM-nya paling tinggi

3. Anda hanya ingin menampilkan iklan tertentu saja, misalnya Anda hendak menampilkan suatu iklan bagi visitor yang dari Indonesia, sedangkan bagi visitor asing Anda bisa menggunakan iklan yang lainnya

4. Menampilkan banner untuk mempromosikan situs Anda yang lainnya

Berbagai kondisi di atas itu bisa Anda atur dengan menggunakan bantuan DFP secara mudah.
Apa itu Google DFP Small Business

Syarat Supaya Anda Bisa Menggunakan Google DFP Small Business


Meskipun DFP adalah tool atau aplikasi gratis yang online, tetap saja ada syarat-syarat yang harus Anda penuhi supaya Anda bisa menikmati produk Google yang satu ini. Syarat tersebut ada 2, dan itu akan dijabarkan dalam poin berikut ini:

1. Anda telah menjadi penerbit iklan Google Adsense. Syarat ini adalah sebuah keharusan, jadi jika Anda belum memenuhi syarat ini, Anda tidak bisa menggunakan tool DFP. Sebaliknya, jika Anda sudah terdaftar di dalam Google Adsense, baik itu yang hosted ataupun yang non hosted, maka Anda memiliki kesempatan yang lebih besar untuk menggunakan tool ini.

2. Anda harus masuk ke dashboard DFP dengan menggunakan email dan juga password yang terdaftar di akun Adsense tersebut. Itulah mengapa syarat yang pertama adalah sebuah keharusan yang harus Anda penuhi

Memulai Penggunaan DFP Small Business


Seperti syarat yang telah disebutkan sebelumnya, Anda tidak akan bisa menggunakan DFP jika Anda belum mempunyai akun Google Adsense. DFP ini merupakan hal yang sangat berkaitan dengan program Adsense.

Kita misalkan saja begini, jika Anda belum mempunyai inventori iklan yang berasal dari pihak ketiga, maka Anda bisa menampilkan iklan yang dari Adsense sebagai gantinya. Bahkan untuk lebih jauhnya lagi, Anda bisa membuat iklan Adsense tersebut bersaing dengan inventori iklan yang milik Anda sendiri.

Begitu Anda sudah mempunyai akun Adsense, maka Anda hanya perlu login ke DFP saja, nantinya akun Anda yang untuk Adsense tadi akan dikaitkan secara otomatis ke sana.

Tetapi, sebelum Anda mulai mengotak-atik di akun DFP tersebut, pastikan bahwa setelan jaringannya sudah benar ya, karena begitu Anda selesai membuat pesanan pertama Anda, Anda sudah tidak bisa mengubah setelan ini, khususnya untuk mata uang dan zona waktu.

Untuk mengatur ulang setelan ini, Anda bisa login ke DFP langsung, kemudian di sana silahkan Anda klik Admin lalu pilih Setelan Global. Selanjutnya silahkan Anda pilih zona waktu dan juga mata uangnya. Setelah selesai, Anda bisa langsung klik Save atau Simpan.

Kelebihan yang Ditawarkan oleh DFP


1. Fasilitas yang ada di DFP lengkap, sehingga Anda sangat dimungkinkan untuk melakukan pengelolaan iklan sekaligus menampilkannya di situs Anda

2. Fasilitas lengkap yang dimiliki oleh DFP juga memudahkan Anda dalam penggunaan antarmuka, alur kerja serta manajemen iklan yang Anda kehendaki

3. Segalanya sudah didukung oleh Google sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir

4. Google Adsense bisa diintegrasikan di DFP Small Busines sehingga Anda masih bisa mendapatkan berbagai keuntungan lain sebagai berikut:
a. Pilihan format iklan yang beragam
b. Anda semakin memiliki peluang untuk mendapatkan akses ke iklan yang bayarannya paling tinggi
c. Pendapatan Anda bisa meningkat