Cara Membuat Artikel yang Baik, Bagus dan Berkualitas


Dalam dunia blog, salah satu yang harus anda kuasai dengan baik adalah pembuatan artikel. Artikel yang berkualitas pastinya menjadi acuan apakah blog yang anda miliki itu pantas untuk dibaca atau tidak. Pemahaman mengenai cara membuat artikel yang baik seperti ini akan membantu anda untuk meningkatkan popularitas blog anda lebih cepat. Hal ini akan membuat para visitor blog anda menjadi lebih nyaman saat membaca artikel dan mendapatkan manfaat yang maksimal dari artikel tersebut.

Untuk membuat artikel yang berkualitas, ada beberapa cara yang harus anda terapkan pastinya. Jadi tidak sembarangan anda bisa membuat artikel yang bagus jika tidak ada pemahaman sama sekali terkait cara pembuatannya. Berikut ini beberapa langkah sederhana yang bisa anda terapkan untuk membuat artikel yang baik, bagus dan berkualitas.
Cara Membuat Artikel yang Baik, Bagus dan Berkualitas

Pemahaman yang baik terkait materi artikel yang akan dibuat
Agar anda bisa membuat artikel yang bagus, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menguasai materi artikel tersebut dengan baik. Pemahaman yang baik terhadap materi yang akan ditulis sudah pasti akan menghasilkan artikel yang berkualitas dan enak untuk dibaca. Lebih jauh pastinya artikel tersebut akan sarat dengan informasi yang dibutuhkan dengan visitor.

Karenanya sebelum anda memutuskan untuk membuat sebuah artikel, anda harus mencari informasi mengenai materi yang dibahas itu terlebih dahulu. Selain berpotensi untuk membuat artikel yang berkualitas, pastinya hal ini akan membuat pengetahuan anda menjadi lebih luas bukan? dengan pemahaman yang baik seperti ini pastinya anda juga akan lebih cepat dalam proses pembuatan artikel tersebut.

Buat judul artikel yang menarik, tapi tetap sesuai substansi
Membuat judul artikel yang menarik dan bombastis memang salah satu cara terbaik untuk menarik minat pembaca ke blog anda. Tapi pastikan kalau judul yang anda buat tersebut sesuai dengan substansi artikel yang anda ciptakan. Jangan karena anda ingin membuat judul yang bombastis, anda malah mengesampingkan korelasi antara judul artikel tersebut dengan isi dari artikel yang anda buat. Hal ini akan mengurangi kualitas dari tulisan yang anda buat.

Judul yang bombastis memang bisa menarik minat para pembaca, tapi ketahuilah jika anda kemudian membuat judul yang tidak sesuai dengan ekspektasi para pembaca, mereka akan menganggap tulisan anda sebagai tulisan yang menipu dan tidak layak untuk dibaca. Pastikan anda menghindari hal hal seperti ini.

Perhatikan Ejaan pada artikel yang anda buat
Ejaan yang baik juga menjadi salah satu aspek yang mempengaruhi kualitas dari artikel yang anda buat. Perhatikan ejaan ini dengan baik. Lakukan pengecekan ulang terhadap artikel yang anda buat dan pastikan semua ejaannya diketik dengan benar. Penulisan ejaan yang salah dan typo dalam artikel pastinya akan mengurangi kenyamanan para pembaca saat menikmati artikel tersebut.

Jangan bertele tele, artikel yang tepat sasaran akan lebih disukai
Cara selanjutnya untuk membuat artikel yang berkualitas adalah memastikan kalau artikel yang anda buat tidak bertele tele dan langsung pada sasaran. Pembukaan dalam artikel memang penting karena menjadi eksplanasi terkait latar belakang dari penulisan artikel tersebut, tapi kalimat pembuka yang terlalu bertele tele akan membuat kualitas artikel anda berkurang. Lebih jauh, hal ini juga akan membuat pembaca lebih cepat jenuh.

Gunakan Poin poin dan subjudul
Artikel dengan paragraf yang tidak terlalu panjang dan dilengkapi dengan poin poin pendukung atau subjudul cenderung lebih diminati oleh para pembaca karena dianggap lebih mudah untuk dicerna oleh pemikiran. Pastikan anda menerapkan hal ini jika anda berencana untuk membuat artikel yang bagus dan berkualitas. Jika anda membuat sebuah paragraf terlalu panjang tanpa sub judul, biasanya para pembaca akan lebih mudah bosan

Sesuaikan gaya bahasa dengan target
Bagi anda yang memiliki target pembaca tertentu, anda harus menyesuaikan gaya bahasa yang anda gunakan dengan target pembaca yang anda pilih. Penyesuaian gaya bahasa ini sangat penting untuk membuat para pembaca merasa betah di blog atau situs anda. Misalkan anda akan membuat sebuah artikel tentang cerita anak anak, pastinya tidak akan cocok jika anda menggunakan gaya bahasa seperti anda membuat berita politik bukan?
http://bit.ly/2H3ByLK