Mendapatkan penghasilan dari blog atau situs bukanlah hal yang mudah. Terutama jika anda seorang publisher adsense, ada banyak aspek yang harus kita kuasai dan terapkan. Pastinya anda tahu bahwa memelihara blog itu ibarat memelihara sebuah saluran televisi. Semakin bagus rating sebuah acara TV, semakin banyak pula iklan yang ditampilkan.

Begitu pula blog yang dimonetisasi dengan iklan adsense ini. Semakin bagus postingan anda, semakin banyak pula pengunjung yang datang. Tentunya dengan banyaknya pengunjung yang datang, semakin besar pula potensi anda untuk mendapatkan penghasilan yang besar dari google adsense ini. Jadi pada intinya, penghasilan adsense yang fluktuatif dipengaruhi oleh jumlah pengunjung yang datang.


A. Penyebab Utama Turunnya Pendapatan Adsense Adalah Berkurangnya Jumlah Visitor


Seringkali seorang publisher adsense mengalami penurunan earning mereka dari blognya. Jika menilik pada informasi yang saya sampaikan di atas, bisa dibilang faktor utama yang menyebabkannya adalah penurunan jumlah visitor yang berkunjung ke blog anda. Jadi pada saat anda bicara mengenai cara mengatasi turunnya penghasilan adsense anda, sama halnya dengan kita bicara bagaimana cara meningkatkan visitor ke blog anda, terutama unique visitor.

Berbeda dengan loyal visitor yang setia mengunjungi blog anda, unique visitor adalah pengunjung blog yang datang dari hasil pencarian google terkait sebuah tema. Biasanya unique visitor ini lebih berpotensi untuk mengklik iklan karena mereka benar benar melakuan pencarian atas sesuatu yang mereka butuhkan. Jadi blog anda memang direkomendasikan oleh google sebagai referensi terbaik atas informasi atau produk yang mereka cari.
5 Langkah mengatasi-pendapatan-google-adsense-turun

B. Langkah mengatasi turunnya pendapatan adsense


Dibawah ini saya akan berikan beberapa langkah yang harus anda lakukan dengan segera apabila anda mengalami penurunan earning adsense yang seginifikan pada blog/situs anda.

1. Cara pertama mengatasi pendapatan Adsense yang turun adalah Optimasi SEO

Sebagaimana telah saya sebutkan di atas, salah satu cara terbaik untuk meningkatkan jumlah unique vsitor ke blog anda adalah dengan optimasi SEO pada blog anda baik itu SEO on-page, maupun SEO Of-page. Pastinya ada banyak aspek yang harus anda coba pada sesi optimasi SEO ini. Tapi mulailah dengan meriset keyword dengan baik sebelum membuat postingan dan lanjutkan dengan membuat artikel SEO yang memiliki kualitas dan kepadatan informasi yang baik.

Anda juga harus memperhatikan dengan seksama penempatan keyword pada postingan anda. Penempatan keyword ini sangat penting karena menjadi salah satu bentuk penerapan SEO On-Page pada artikel yang hendak anda posting. Tidak hanya itu, anda bisa juga mengaktifkan fitur meta deskripsi pada postingan yang anda buat ini sebagai salah satu fitur terbaik yang diberikan google sehingga artikel anda menjadi lebih menarik minat para calon visitor pada hasil pencarian google.

2. Konsisten dalam membuat postingan

Lebih jauh anda juga harus konsisten dalam membuat postingan. Tidak usah setiap hari, anda bisa melakukan posting seminggu sekali atau bahkan satu bulan sekali. Intinya jangan biarkan blog yang anda miliki tidak aktif untuk waktu yang lama. Pastikan anda tahu bawah blog yang dibiarkan tidak aktif dalam jangka waktu yang lama biasanya akan mengalami penurunan pengunjung yang signifikan. Tentunya hal ini berpengaruh besar pada earning adsense anda bukan?

Blog dengan jumlah postingan yang banyak memiliki potensi besar untuk dikunjungi olah banyak unique vsitor. Tentunya hal ini akan meningkatkan penghasilan anda bukan? tentu saja karena unique visitor itu pemicu utama naiknya earning adsense.

3. Rubah posisi dan penempatan iklan adsense di blog anda
Posisi dan cara kita menempatkan iklan adsense di situs juga merupakan salah satu hal yang sangat mempengaruhi penghasilan adsense. Apakah sebelumnya anda pernah melakukn perubahan template yang menyebaban berpindahnya posisi iklan adsense anda? Perlu anda ketahui, posisi penempatan iklan adsense terbaik adalah di dalam postingan artikel di blog anda. Bisa di awal,di tengah, ataupun akhir.

Tapi anda harus berhati hati dalam melakukan hal ini. Jika caranya salah, hal ini bisa menjadi salah satu penyebab diblokirnya akun adsense ada oleh google. Pastikan anda memparse kode iklan adsense tersebut terlebih dahulu agar tidak dianggap sebagai iklan pop up.

4. Periksa Html Blog / Situs anda barangkali ada Error Karena Perubahan Template
Seringkali perubahan template blog atau situs anda bisa menyebabkan kesalahan dalam enkripsi html iklan adsense anda. Hal ini memicu terjadinya widget yang menumpuk sehingga iklan adsense tidak muncul. Lebih jauh, seringkali juga para visitor merasa asing dengan tampilan blog baru anda dan menyangka kalau bog tersebut bukan blog yang biasa dia kunjungi. Hal ini pastinya membuat penghasilan adsense anda mengalami penurunan bukan?

Untuk mengatasi hal ini, anda bisa mengecek seluruh situs anda dengan beberapa tools khusus seperti google analytics atau tools lainnya dan menemukan masalah apa yang terjadi. Anda juga bisa melihatnya langsung di html blog anda untuk melihat barangkali ada kesalahan yang terjadi karena perubahan template tersebut dan segera memperbaikinya.

5. Perubahan Algoritma Google

Perlu anda ketahui, algoritma google mengalami perubahan setiap beberapa bulan sekali, pada sesi ini ada banyak sekali blog atau situs yang mengalami penurunan traffik yang sangat drastis. Perubahan algoritma google seperti ini membuat penurunan tranffick mencapai 50%. Hal ini dikarenakan pada saat algoritma google dirubah, banyak postingan yang dulunya masuk di halaman pertama google menjadi hilang entah masuk ke halaman berapa.

Tentunya hal ini akan berdampak besar pada penghasilan adsense anda bukan? Tidak ada cara untuk mengatasi hal ini. Anda hanya bisa menunggu hingga algoritma google yang baru bisa meng-crawl seluruh isi blog anda secara ulang. Biasanya kondisi seperti ini tidak berlangsung lama dan akan kembali normal setelah 1 hingga 2 bulan.
http://bit.ly/2H3ByLK