Cara Untuk Meningkatkan Pendapatan Adsense Optimasi


Dewasa ini, ada banyak sekali blogger yang mendaftarkan blognya untuk dimonetisasi dengan adsense, sebuah portal periklanan online terbesar di dunia milik Google inc. Bicara adsense, tentu kurang sempurna jika tidak bicara mengenai pendapatan bukan?. Pastinya anda tahu bahwa tujuan utama dari para blogger mendaftar adsense adalah mendapatkan penghasilan dari blog yang dia miliki. Tapi seringkali, ada banyak blogger yang merasa kecewa karena ternyata earning yang mereka dapatkan dari adsense ini tidak sesuai dengan harapan mereka.

Di dunia maya ada banyak sekali testimoni mengenai adsense dan kisah sukses para publisher adsense yang mendapatkan puluhan, atau bahkan ratusan juta rupiah perbulannya dari adsense ini. tapi pada kenyataannya, mencapai titik tersebut bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Tentunya diperlukan tekad yang kuat dan loyalitas yang tinggi untuk mencapainya. Terlebih lagi, sepertinya diperlukan kemampuan yang mumpuni juga karena persaingan di dunia maya ini begitu ketat.


Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Adsense


Ada beberapa faktor utama yang mempengaruhi tinggi rendahnya pendapatan adsense ini. Tentunya faktor faktor yang kami sebutkan di bawah ini akan mempunyai sub faktor tambahan jika dibahas secara detail. Tapi secara umum, cara meningkatkan penghasilan adsense itu sendiri adalah relevansi dari faktor di bawah ini :
  1. Bahasa yang digunakan di blog anda
  2. Niche yang anda bahas di blog
  3. Jumlah Pengunjung blog anda perhari
Ketiga faktor tersebut dianggap sebagai tiang utama yang menentukan tinggi rendahnya penghasilan anda sebagai publisher adsense. Karenanya jika anda ingin mengetahui cara untuk meningkatkan pendapatan adsense, maka hal tersebut adalah cerminan dari optimasi ketiga faktor di atas.
Cara Untuk Meningkatkan Pendapatan Adsense Optimasi

Cara Meningkatkan Pendapatan Adsense


Karena faktor faktor yang mempengaruhi pendapatan adsense sudah anda ketahui, sekarang kita bisa lanjut ke tema selanjutnya yang sangat penting yaitu cara meningkatkan penghasilan adsense yang sedang anda cari.

· Buatlah blog berbahasa Inggris
Cara pertama yang harus anda lakukan untuk meningkatkan penghasilan adsense anda adalah dengan menggunakan bahasa inggris untuk blog anda. Perlu anda tahu, CPC blog berbahasa inggris bisa 10 kali lipat lebih tinggi jika dibandingkan dengan blog berbahasa Indonesia. Meskipun persaingannya lebih ketat tidak ada salahnya jika anda mencoba membuat blog baru dengan menggunakan bahasa Inggris. Anda bisa juga menggunakan jasa penerjemahan untuk membuat postingan yang berkualitas dengan grammar yang baik.

Di awal mungkin akan terasa berat karena membayar jasa penerjemahan seperti ini tidaklah murah. Tapi kami pastikan kalau anda akan memetik keuntungan besar dari modal yang anda keluarkan ini nantinya. Cara lain, anda bisa juga mempelajari bahasa inggris terlebih dahulu agar grammar anda menjadi lebih baik sehingga anda bisa membuat artikel bahasa inggris yang enak dibaca.

· Cari Niche yang memiliki CPC yang tinggi
Cara selanjutnya yang harus anda coba untuk meningkatkan penghasilan adsense anda adalah mencari niche dengan CPC (cost per click) yang tinggi. Niche dengan biaya per klik yang tinggi sudah pasti bisa meningkatkan earning adsense anda. Misalkan blog yang membahas otomotif, maka sudah bisa dipastikan kalau kebanyakan iklan adsense yang akan muncul di blog tersebut adalah iklan terkait otomotif seperti misalnya mobil atau materi otomotif lainnya.

Tentunya iklan bergenre otomotif tidak mungkin memiliki harga yang sama dengan iklan pakaian bukan? hal inilah yang harus anda pahami dengan baik agar anda bisa meningkatkan pendapatn adsense anda dengan cepat. Lakukanlah riset dengan keyword planner dan temukan keyword yang dibayar besar disana. Lakukan pembahasan tentang HPK (High paying keyword) yang sudah anda dapat secara detail dan kontinyu.

· Tingkatkan jumlah visitor blog anda
Cara terakhir yang harus anda lakukan adalah meningkatan jumlah visitor pada blog anda. Cara ini tentunya tidak mudah. Karenanya kami menempatkannya pada posisi terakhir. Untuk meningkatkan visitor blog anda, ada beberapa langkah khusus yang bisa anda lakukan.

1. Perbanyak postingan pada blog
Cara paling efektif dan mudah untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog anda pastinya adalah dengan terus menambah jumlah postingan di blog anda. Tapi pastikan kalau postingannya berkualitas. Postingan berkualitas yang terus bertambah di blog anda sudah pasti akan mendatangkan banyak unik visitor yang akan setia pada blog anda.

2. Optimasi SEO
Anda juga harus melakukan optimasi SEO agar postingan di blog anda senantiasa masuk halaman pertama google. Tentunya hal ini akan mendatangkan banyak unik visitor baru ke blog anda dan secara tidak langsung, membuka potensi untuk meningkatkan earning adsense anda. Pelajari dengan baik aspek optimasi SEO seperti riset keyword, backlink, internal link, penempatan keyword dan lain lain agar traffik blog anda semakin meningkat.

3. Pemasaran yang tepat
Lakukan pemasaran yang tepat untuk blog anda. Bagikan postingan dan blog anda secara tetap di sosial media, email dan platform lainnya. Anda bisa juga menggunakan jasa pemasaran berbayar seperti misalnya google adword sebagai sarana untuk meningkatkan traffik blog anda dengan cepat. Meskipun berbayar, tapi sudah bisa dipastikan kalau hal ini akan sangat berpengaruh pada earning adsense anda.

Jangan Memasang Terlalu Banyak Unit Iklan Dalam Satu Halaman


Cara lain yang juga harus anda terapkan adalah jangan pernah memasang terlalu banyak unit iklan ada satu halaman blog yang anda miliki. Mungkin niat anda agar lebih banyak visitor yang mengklik iklan adsense di blog anda, tapi ketahuilah kalau hal ini malah akan membuat CPC iklan anda menurun dengan drastis. Tempatkan satu atau dua iklan saja di posisi yang sangat strategis dan biarkan pengunjung berselancar dengan nyaman.