Faktor dan Cara Sukses Menjalankan Adsense


Bekerja sama dengan Google Adsense dan meraup ratusan juta rupiah dari blog merupakan impian semua blogger saat ini. Tentunya hal ini pula yang mendasari kenapa kenaikan jumlah blog dan situs non komersil saat ini begitu pesat dan tidak terkontrol. Dipicu banyaknya kisah sukses para blogger senior dari pendapatan adsense mereka yang bombastis, ada banyak sekali blogger pemula yang kemudian mencoba peruntungan yang sama di dunia blogging ini.

Pada kenyataannya, tidak semua blogger bisa mendapatkan kesuksesan yang sama. Ada banyak sekali blog yang malah terbengkalai karena pemiliknya putus asa terus terusan di tolak oleh Google Adsense. Tentunya hal ini menjadi gambaran kalau adsense tidak sembarangan dalam memilih partnernya dan lebih jauh hal ini juga menjadi gambaran betapa ketatnya persaingan blog di dunia maya saat ini.


Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Dalam Menjalankan Adsense


Ada beberapa faktor yang akan menjadi penopang kesuksesan anda dalam menjadi publisher adsense. Faktor tersebut adalah :
1. Waktu
2. Kemampuan
3. Kualitas

Perlu anda tahu, sebenarnya tiap orang memiliki potensi kesuksesan yang sama. Yang membedakan hanya waktu dan kemampuan saja. Karenanya jika anda sudah memiliki kemampuan, mungkin waktunya saja yang belum tepat. Dan sebaliknya jika anda sudah lama berkiprah di dunia blog namun belum ada perkembangan yang signifikan, berarti anda harus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan anda terkait blog dan adsense ini.

Lebih jauh orang yang memiliki kemampuan akan kalah oleh orang yang mengejar kualitas pada setiap postingan yang dia buat di blognya. Ada pepatah yang mengatakan “Kejarlah kualitas, maka kesuksesan akan menghampirimu”. Orang yang terus mengutamakan kualitas pada blognya, secara otomatis akan terus belajar memperbaiki diri dan mempelajari kekurangan yang dia miliki.

Tentunya hal ini akan menjadi alasan untuk terus belajar dan tanpa disadari, orang tersebut akan memiliki kemampuan yang jauh melebihi kapasitas dirinya sebelumnya. Tentunya hal ini jauh lebih baik dari pada orang yang merasa memiliki kemampuan namun meremehkan kualitas dan situs atau blog yang mereka miliki. Tipe seperti ini sangat jauh dari kata sukses dalam bisnis adsense.
Faktor dan Cara Sukses Menjalankan Adsense

Cara Sukses Menjalankan Adsense


Hal selanjutnya yang harus anda ketahui adalah cara sukses menjalankan adsense. Bicara tentang “cara” pastinya hal ini akan melibatkan beberapa poin penting dan langkah langkah khusus yang akan mengantarkan anda pada kesuksesan dalam berbisnis adsense ini. Berikut ini adalah beberapa cara sukses menjalankan adsense yang benar benar harus anda pahami.

a. Kesabaran pasti akan membuahkan hasil yang bagus

Cara pertama untuk mendapatkan kesuksesan dalam berbisnis adsense adalah kesabaran. Perlu anda tahu, saat ini ada banyak sekali blog yang terbengkalai hanya karena si empunya tidak sabar dalam menunggu kesuksesan ini. Bersikap sabar sangat penting dalam meraih kesuksesan terlebih jika anda membahas kesuksesan bersama adsense. Membangun blog yang berkualitas dengan banyak pengunjung sudah pasti membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Jika anda bukan tipe orang yang sabaran, bagaimana mungkin anda bisa bertahan membuat postingan tanpa bayaran demi orang lain sebelum diterima adsense? Hanya kesabaran saja yang bisa membuat anda siap menghadapi hal ini.

b. Kejarlah Kualitas, Bukan Kuantitas

Agar anda sukses dalam bisnis adsense, kami sangat merekomendasikan anda untuk terus mengejar kualitas. Tentunya kualitas ini terbagi menjadi beberapa ranah dari mulai :
  • Kualitas postingan yang anda buat
  • Kualitas situs / blog yang anda miliki
  • Kualitas Gambar atau video yang anda gunakan
Jangan karena anda berencana untuk membuat postingan yang banyak, anda membuat postingan terlalu sering sehingga mengurangi kualitas postingan yang anda buat. Pastinya hal ini sangat tidak bagus untuk anda. Kuantitas memang sangat penting dalam berbisnis adsense. Tapi tentunya kualitas jauh lebih penting karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap pengalaman dari para pengunjung blog anda.

Jika kualitas postingan di blog anda bagus dan sesuai dengan yang mereka cari, sudah pasti para pengunjung ini akan selalu kembali ke blog anda. Terlebih anda janganpernah meremehkan Google. Sebagai mesin pencari terbesar di dunia. Sudah bisa dipastikan kalau algoritma google ini bisa dengan mudah membedakan mana postingan yang berkualitas dan mana postingan yang tidak berkualitas.

c. Pahami Aturan Mainnya
Cara selanjutnya yang harus anda praktikkan agar anda bisa sukses dalam berbisnis dengan adsense adalah memahami dengan betul bagaimana aturan main dari adsense itu sendiri. Seringkali orang terlalu fokus pada pengembangan web dan SEO dan lain lain, tanpa mempelajari aturan main dari Google Adsense. Padahal jika anda melakukan analisa secara menyeluruh semua TOS dan tips dari google adsense, anda akan menemukan banyak cara efektif untuk meningkatkan performa dan penghasilan blog Adsense yang anda miliki.

d. Bahas Niche yang potensial dan anda kuasai
Agar bisa mendapatkan earning yang tinggi dari google Adsense, anda harus bisa menerapkan Niche yang potensial untuk blog anda. Niche yang potensial adalah niche yang memiliki pencarian yang tinggi dan memiliki harga per klik yang mahal. Dengan menargetkan keyword pada niche yang memiliki harga per klik yang tinggi, anda sudah selangkah lebih dekat pada kesuksesan anda.

Tapi pastikan kalau anda benar benar menguasai niche tersebut karena jika tidak, mana mungkin anda bisa membuat artikel yang berkualitas.

e. Metode pemasaran yang tepat
Dalam berbisnis apapun namanya pemasaran merupakan aspek yang sangat penting. Begitu pula dalam berbisnis adsense. Metode pemasaran yang tepat akan membantu meningkatkan pengahsilan adsense anda dan sudah pasti akan membawa anda selangkah lebih maju pada kesuksesan yang anda idam idamkan.

Sering-seringlah membagikan blog dan postingan anda di media sosial dan forum forum yang berubungan dengan niche yang anda bahas. Semakin banyak pengunjung yang datang, tentunya akansemakin besar juga earning yang akan anda dapatkan. Anda bisa juga menggukan jasa adwords untuk meningkatkan performa blog atau situs anda. Meskipun berbayar, efek dari adwords ini benar benar signifikan untuk meningkatkan earning adsense anda.