Haruskah Saya Jalankan Iklan Adsense di Blog Baru ?


Bukanlah hal yang baru bahwa saat ini anda bisa mendapatkan sejumlah uang dari internet, bahkan ada beberapa orang yang sudah mulai melakukan pekerjaan dalam internet sebagai pekerjaan utamanya. Sebagai contoh yang sedang populer saat ini ialah para youtuber, dengan mengupload video-video dengan konten-konten mereka masing-masing, mereka bisa mendapatkan sejumlah uang dari media yang mereka gunakan yaitu youtube.

Sebutan orang-orang seperti mereka ialah para content creator, yaitu orang-orang yang melakukan pekerjaannya dengan cara membuat sebuah konten di wadah media yang sudah ada saat ini, seperti youtube, blog, dan sebagainya. Saat ini seorang content creator memang semakin populer dengan munculnya banyak tokoh-tokoh baru dengan model yang berbeda-beda, bahkan fenomena ini diramalkan akan terus berlanjut dan semakin meningkat pengikutnya.

Hal tersebut terjadi disebabkan sudah meluasnya penggunaan internet di dunia ini, bahkan di indonesia sendiri bisa dipastikan di setiap kota, satu orangnya pasti memiliki gadget minimal satu yang dapat terhubung dengan internet. Dengan begitu banyaknya bermunculan orang-orang yang memanfaatkan keadaan ini untuk membuat sesuatu agar dapat mereka perlihatkan kepada para pengguna internet.

Lalu bagaimana mereka dapat mendapatkan uang dari hanya memberikan suatu konten di internet. Sebenarnya jika anda riset untuk para content creator yang sudah besar namanya, mereka bisa mendapat uang dari mana saja, seperti endorse, kerja sama, hingga berjualan online. Namun ada satu hal dasar yang perlu anda tahu dalam mendapatkan uang di internet, bagi kamu yang sudah lama masuk dalam dunia internet pastilah tau mengenai hal ini, yaitu adsense.

Adsense merupakan hal awal dimana para content creator bisa mendapatkan uang, cara kerjanya pun cukup sederhana. Intinya, jika menggunakan adsense, disaat anda menaruh suatu konten pada internet entah apapun medianya, maka konten itu dapat diberi ruang iklan. Dari iklan tersebutlah uang akan dapat mengalir ke dompet anda. Jalurnya pun bisa bermacam-maca, namun adsense paling sering dipakai untuk youtube dan blog agar dapat dipasang iklan. Nah untuk fokusnya, pada artikel ini akan dibahas mengenai adsense pada blog.

Jika anda seorang blogger maupun youtuber atau apapun itu yang berhubungan dengan internet, maka sudah hal yang normal jika pernah mendengar adsense. Semakin banyak orang yang mulai berkecimpung dalam dunia ini, namun masih juga banyak orang yang masih ragu dalam menggunakan adsense. Termaksud banyaknya blogger-blogger baru yang memang sudah terdaftar dalam adsense akan tetapi tidak ingin memakainya
Haruskah Saya Jalankan Iklan Adsense di Blog Baru

Alasan Mengapa Para Blogger Pemula tidak menjalankan adsensenya


· Takut Dianggap Sebagai Blogger Pencari Uang
Sudah menjadi hal yang normal dimana seseorang yang baru memulai blognya tidak ingin memasang adsense karena takut dicap bukan blogger yang tulus ingin berbagi namun sebaliknya, hanya ingin mencari uang.

Hal ini disebabkan karena para content creator dianggap sebagai orang-orang yang ikhlas untuk berbagi, entah itu info, kesenangan, berita dan sebagainya, begitu juga termaksud blogger. Sehingga jika ada seseorang yang masuk ke blog anda dan melihat adanya iklan, maka akan terbesit meskipun hanya sedikit, bahwa blog anda ditujukan agar orang-orang datang sehingga uang yang didapat juga semakin banyak.

· Dijalankan, namun nanti jika sudah trafiknya tinggi
Masih menyangkut dengan alasan yang pertama bahwa tidak menggunakan adsense karena takut dianggap blogger pencari uang. Bedanya yang satu ini ia akan memasang adsensenya disaat traffic blog yang dimiliki sudah tinggi. Jika masih rendah dan sedikit maka dia tidak ingin menjalankan adsensenya dengan alasan yang sama seperti dengan poin pertama.


Lalu apakah sebaiknya adsense yang dimiliki dijalankan?


Jika mengetahui alasan-alasan dari kedua poin diatas, maka bisa dilihat bahwa alasan-alasan tersebut bisa dikatakan tidak masuk akal. Memang benar ke dua poin itulah yang pasti dirasakan oleh para blogger-blogger pemula yang umur blognyapun masih dibawah 1 tahun. Namun janganlah takut atau minder dengan adanya ke 2 poin tersebut dalam pikiran anda.

1 catatan penting yang perlu anda ingat baik-baik,entah itu blogger pemula, youtuber, atau content creator-content creator lainnya, bahwa menghasilkan uang dari karya anda, atau disini contohnya blog, tidak menjadikan anda langsung menjadi seorang blogger yang hanya bertujuan mencari duit. Akan tetapi lebih tepatnya, dimana anda dapat melakukan sesuatu yang disuka lalu juga dibayar dengan hal tersebut.

Semisal anda memang senang menulis di blog, berbagi cerita, pengalaman, memberi informasi, dan sebagainya. Meskipun hal tersebut menyenangkan, namun tetap saja anda butuh uang untuk melakukannya, seperti tagihan internet, membayar hosting, listrik, dan sebagainya. Memang nge blog merupakan kesenangan anda, namun bukannya akan bisa menjadi lebih baik jika dari ngeblog tersebut anda juga dapat menghasilkan uang, sehingga meskipun memang sedikit namun bisa tetap membantu anda untuk tetap menjalankan blognya.


Apa efek sebenarnya jika menjalankan adsense?


Sebenarnya efek dari menjalankan adsense dalam blog anda tidaklah seperti yang dipikirkan kebanyakan orang. Sebagai contoh, jika anda memasang iklan dalam tampilan blog anda, lalu ada seseorang yang mengunjungi blog tersebut dan iklan yang ditampilkan memiliki relevansi dengan topik yang sedang anda angkat dalam konten yang dibuat, sehingga pengunjung tersebut dapat langsung mengecek apa yang ia cari dari iklan yang terpampang disana. Bukankah hal tersebut malah dapat membantu para pembaca.

Intinya memang tidak ada waktu yang tepat bagi anda untuk mulai menjalankan adsensenya,meskipun penghasilannya belum seberapa, namun sedikit demi sedikit dapat menjadi bukit. Yang terakhir harus diingat, memasang iklan boleh namun yang tidak boleh adalah jika iklan yang anda pasang berlebihan sehingga dapat mengganggu para pembaca, bahkan parahnya juga dapat menutupi konten yang dibuat sendiri.