Apa itu Indowebster?


Bagi yang hobi browsing tentu tidak asing lagi dengan webserver asli buatan anak bangsa. Indowebster, disingkat IDWS, merupakan webserver multimedia yang unlimited yang menjadi sarana sharing file dan hosting, juga unlimited upload, download, serta unlimited bandwith, hingga penyimpanan file seperti foto, video, dan galeri file hingga 1024 MB per file. IDWS dicanangkan pertama kali oleh Juny Maimun.

Perangkat yang perusahaannya yang bermarkas di Jakarta ini merupakan perpaduan rapidshare, imageshack dan You Tube. IDWS sendiri mulai dibentuk pada 15 April 2007 dengan menggunakan dua bahasa. Meskipun adanya feature unlimited download, namun tidak semua file dapat diunduh dengan bebas karena tidak semua memiliki lisensi legal.

Fungsi dan kegunaan Indowebster


1. Sharing file dan hosting
Situs populer yang aktif sejak tahun 2007 ini dapat menyimpan file hingga 1024 MB per file. Meskipun belum sehebat mesin pencarian Google, berkat perpaduan rapidshare, imageshack dan You Tube nya ini, IDWS mampu menyediakan kapasitas yang cukup besar untuk segala kegiatan yang berhubungan dengan menyimpan dan mengunduh file dengan total penyimpanan sekitar terabyte.

2. Unlimited upload
Dalam situs ini, pengguna dapat meng-upload berbagai macam file seperti foto, video, dan dokumen lain sebagaimana tujuan awal situs ini dibuat yaitu sebagai sarana bisnis professional. Selain itu juga untuk berbagi file dengan sesama pengguna yang telah mendaftar dalam kolom daftar dan ada ketentuan pembayaran berlanjut setelah masa trial habis.

3. Unlimited download
Beberapa file yang disediakan seperti video, software, games, images, ebook', Mobile Apps dapat diunduh secara gratis dan legal melalui situs ini namun hanya bagi aplikasi yang berlisensi saja. Tidak semua file memiliki lisensi yang artinya beberapa masih masih tergolong illegal sehingga file justru akan membahayakan pengguna terlebih apabila file tersebut adalah virus.

4. Unlimited bandwith
IDWS memiliki kapasitas bandwith yang cukup besar yaitu mencapai terabyte atau sejuta megabyte sehingga pengguna dimanjakan oleh berbagai unduhan dan upload file tanpa khawatir akan mengalami kendala keterbatasan, penelitian yang dilakukan Alexa.com menunjukkan IDWS sejauh ini memiliki dokumen berjumlah 1.202.230, serta kapasitas mencapai 130,24 terabyte

apa itu indowebster

Fitur-fitur yang Ada dalam Indowebster


1. Home
Kategori pertama dalam situs https://forum.idws.id/ ini adalah home yang umumnya berada di bagian atau front page dari sebuah situs. Dokumen atau file yang akan di upload atau hasil unduhan seperti musik, video, permainan dan data lain terdapat dalam konten utama feature home ini. Home dalam IDWS biasanya memunculkan iklan, threads, atau sekadar pemberitahuan maintenance server dari perusahaan indowebster sendiri.

2. Video
Feature pada IDWS juga telah berkembang layaknya google dengan adanya kategori video. Kategori yang terdapat dalam IDWS ini menawarkan layanan berupa hosting dan sharing untuk pengguna IDWS sehingga dapat menyimpan dan saling berbagi dokumen video dari mulai video klip musik sampai video hiburan lainnya mirip seperti yang ada di Youtube.

3. Musik
Seperti hal nya video, situs ini memberikan kemudahan bagi para pengguna dan pengunjung dengan memberikan layanan hosting sekaligus sharing musik namun belum sepenuhnya mampu melakukan perlindungan hak cipta maupun karya dari musisi yang lagunya disimpan atau diunduh oleh pengguna sebagaimana juga fitur video. Namun, kelebihannya, pengunjung akan mendapatkan informasi dan layanan yang up to date.

4. Images

Fitur lain dalam IDWS yang menyerupai layanan Google adalah kategori gambar. Dalam fitur ini, Indowebster memberi layanan berupa hosting dan sharing sehingga para pengguna situs indowebster ini dapat menyimpan serta dapat saling berbagi file gambar. Konten gambar ini bermacam-macam seperti foto, kartun, gambar editan dengan berbagai jenis gambar lain.

5. Games
Bagi para pecinta games tidak perlu lagi hanya bergantung pada Play Store Google karena karya local Indowebster ini juga memiliki fitur unduh games. Indowebster juga memberikan layanan hosting maupuan sharing permainan. Dengan begitu para pengunjung bisa menyimpan dan saling berbagi file games. Games yang dapat dinikmati pun cukup beragam, mulai dari adventure, sport hingga war.

6. E-book
Situs Indowebster ini tidak hanya menyediakan fitur atau kategori yang terkesan lama, namun juga up to date seperti hadirnya fitur e-book yang mempermudah pengguna untuk membaca kapan saja dan dimana saja. Namun, kategori tersebut dibandingkan dengan file yang berasal dari kategori sebelumnya masih lebih sedikit. File tersebut seperti video, music, permainan, dan gambar juga terkait lisensi illegal, Indowebster belum mampu menyaringnya

7. Mobile apps
Indowebster juga memberikan sebuah layanan hosting serta sharing aplikasi mobile sehingga para pengunjung bisa menyimpan sekaligus bisa saling berbagi file aplikasi tersebut untuk melengkapi fitur di handphone baik itu jenis smartphone android hingga i-Phone sekaligus. Namun fitur yang satu ini diakui masih belum sebaik fitur-fitur IDWS lainnya.

8. Software
Situs indowebster ini memberikan kemudahan hosting dan juga sharing software. Dengan begitu para pengunjung bisa melakukan penyimpanan dan juga berbagi file software baik untuk perangkat komputer maupun handphone. Kabar baiknya, untik fitur ini, IDWS bekerja sama dengan perusahaan software terkemuka sehingga dalam bertransaksi di internet dapat dinyatakan legal.

9. Other/uncategorized (tidak masuk kategori)
Fitur ini dibuat untuk mempermudah pencarian yang tidak masuk dalam kategori atau mesin pencarian di Indowebster. Maka dari itu, dalam IDWS tersedia layanan hosting sekaligus sharing yang berfungsi untuk berbagai file maupun dokumen khususnya yang tidak ada pada subkategori yang sebelumnya. Sebagai contoh dalam pencarian manga untuk dibaca online.