Lebih Penting Page Rank atau Alexa Rank?


Insan blogger pasti tak asing dengan istilah pagerank maupun alexa rank. Kedua istilah ini kerap digunakan untuk menilai kepopuleran sebuah blog di dunia maya. Tapi tentu saja ada perbedaan diantara keduanya bila ditelisik lebih jauh, yakni penilaian itu sendiri. Para blogger tentu sudah mengetahuinya, terutama mereka yang memang meraup pundi-pundi pendapatan dari blog.

Istilah pagerank berasal dari Google Pagerank, dimana Google mengeluarkan rank atau rating yang dikeluarkan oleh mesin pencari Google. Sementara itu Alexa Rank ditentukan oleh jumlah pengunjung yang datang ke laman blog anda. Rank ini dilakukan oleh Alexa, sebagai situs resmi yang akan menilai seberapa populer atau tinggi traffic pengunjung anda dalam sehari.

Sejauh mana kedua penilaian ini mempengaruhi pendapatan serta kepopuleran laman blog maupun website? Pada dasarnya rank yang ditetapkan oleh Google maupun Alexa membantu pemilik blog untuk mendapatkan pengiklan atau advertiser. Tentu saja semakin tinggi rank yang didapatkan, semakin mudah dia mendapatkan klien yang akan beriklan pada laman website maupun blog.

Bila ditanya manakah yang lebih penting, Google Pagerank atau Alexa Rank? Jawabannya sedikit menyulitkan, sebab keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Blogger profesional juga menyadarinya, sehingga sebagian memihak Pagerank dan sebagian memihak Alexa Rank. Tak ada yang salah memang, kembali lagi pada pemilik blog dalam mengelola laman blog seprofesional mungkin.

Suatu kehormatan tentunya mendapatkan ranking dari kedua rank diatas. Jika mau dibilang, keduanya memiliki andil yang cukup besar bagi mereka yang memang ingin menambah uang jajan dari blog. Benar, sebuah blog bisa sangat menghasilkan pundi-pundi rupiah maupun dolar dengan optimalisasi yang tepat. Ranking blog pastinya turut membantu anda mengetahui seberapa populer dan dikenal blog tersebut.
Lebih Penting Pagerank atau Alexa Rank

Perbedaan antara pagerank dan alexa rank


Agar lebih jelas, dibawah ini akan dijabarkan perbedaan mendasar antara Google Pagerank dan Alexa Rank, yaitu:

1. Google Pagerank
Google memberikan nilai dari 0 – 10 kepada setiap blog yang masuk dalam pagerank. Blog yang memiliki nilai 3 dari Google Pagerank bisa melakukan review untuk laman website lain. Dari sinilah blogger mendapatkan pundi-pundi rupiah, tulisan mereka yang mereview laman website atau blog tersebut. Semakin tinggi nilai blog anda, semakin tinggi pula ranking anda pada Google Pagerank.

Tak sulit untuk mengetahui pagerank, cukup install add-ons pada laman browser anda. Jika anda menggunakan Mozilla Firefox, cukup install Google Toolsbar pada search engine. Anda pun bisa menginstal SearchStatus maupun menginstall toolsbar dari website lain. Pastikan toolsbar tersebut berfungsi untuk mengecek atau mengetahui tingkatan anda pada pagerank.

2. Alexa Rank
Berbeda dari Google Pagerank, Alexa memiliki standarnya sendiri dalam menilai kepopuleran atau keaktifan sebuah blog. Semakin sering anda berinteraksi dan memposting tulisan pada blog, semakin bagus pula nilai rank yang didapat. Nilai bayaran per klik untuk rank Alexa yang berada pada kisaran 500.000 sampai 1.000.000 tentu lebih kecil bila dibandingkan Alexa Rank lebih kecil.

Biasanya sebuah blog dinilai memiliki rank Alexa bagus bila berada dibawah 50.000. Blog dengan nilai kisaran tersebut lebih mudah menggaet advertising atau pengiklan untuk bekerjasama. Pihak Alexa juga lebih mengedepankan blog yang dikunjungi oleh para pembaca yang menginstall add-ons Alexa pada toolbar mereka. Meskipun pengunjung tak begitu banyak asal menginstall toolsbar ini, maka pihak Alexa akan memberikan nilai yang bagus.

Tentu timbul pertanyaan baru di benak anda setelah membaca perbandingan antara keduanya. Mungkinkah sebuah blog menaikkan Google Pagerank dan Alexa Rank yang dimiliki? Pastinya bisa, asal anda aktif dalam memposting tulisan pada laman blog. Idealnya sebuah blog minimal mempublish satu tulisan dalam tiga hari, malah 1 tulisan per hari jika memungkinkan.

Semakin aktif anda mempublish tulisan baru, semakin mudah pula anda meningkatkan rank pada keduanya. Sebaiknya tulisan tidak melulu berisi website review, sebab ini tidak termasuk bagian dari keaktifan. Tulisan orisinal yang bukan hasil dari copy paste dan kreatif serta inovatif dinilai lebih berkualitas. Jumlah pengunjung juga akan meningkat dengan tulisan berbobot semacam ini.

Postingan murni artikel yang dibuat tanpa copy paste lebih mudah ditemukan oleh para pembaca. Terutama bagi para blogger yang juga memikirkan tentang SEO optimize serta keyword untuk meningkatkan traffic pengunjung. Sedikit berinovasi dan kreatif dalam menelurkan tulisan pasti takkan merugikan anda, malah sebaliknya. Anda bisa mendapatkan pembaca aktif dan teman yang bisa diajak berbagi.

Selain aktif, anda juga harus rajin blogwalking atau berbagi link dengan teman-teman sesama blogger. Bertukar link dan ditaruh di laman blog satu dengan lain akan membantu meningkatkan jumlah view satu sama lain. Rajin-rajin pula meninggalkan jejak atau menaruh link laman blog pada kolom komentar blog orang lain, dengan begini akan banyak orang yang berkunjung.

Ada kemungkinan besar mereka yang membaca komentar anda akan blogwalking ke link tersebut. Syukur-syukur mereka akan kembali lagi mengunjungi laman blog pada lain waktu. Kalau begini, tentu tak ada salahnya rajin-rajin berkunjung dan meninggalkan jejak untuk sekedar meningkatkan Alexa Rank maupun Google Pagerank pada laman blog anda sendiri bukan?

Disarankan untuk memilih teman blogger yang sama-sama aktif dalam mengupdate blog. Hal ini guna memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak, bukan satu pihak merasa dirugikan. Kebanyakan blogger aktif sudah mengetahui tentang Alexa toolbar, sehingga mereka lebih mudah diajak bekerjasama. Mereka juga sudah terlebih dahulu memasang toolbar ini pada laman blog untuk meningkatkan ranking.


Update

Untuk Pagerank kini Google tidak lagi mengupdate Pagerank untuk blog.
http://bit.ly/2H3ByLK