Panduan Belajar Google AdSense Untuk Pemula


Google merupakan perusahaan periklanan yang menyediakan sarana bagi para pengusaha untuk melakukan promosi produk atau jasa melalui internet. Anak perusahaan yang menangani jasa periklanan kepada costumer yaitu Google Adwords dan penyebaran iklan ditangani oleh pihak Adsense. Para pengusaha yang akan memasang iklan harus login melalui Google Adwords dengan akun gmail.

Untuk pemasangan iklan yang ditangani Adwords berada di halaman utama mesin pencari Google dengan seleksi yang sangat ketat. Sedangkan pihak Adsense menangani pemasangan iklan melalui website dan Youtube sehingga memerlukan media sebagai partner yaitu blogger dan Youtuber. Karena itulah Google Adsense (GA) memberikan peluang usaha bagi pemilik website dan blog serta Youtuber.

Panduan Bisnis Online Melalui Google Adsense


Pihak Adsense memerlukan media online untuk pemasangan iklan dan membutuhkan beberapa sarana, seperti melalui aplikasi, website, blog serta channel Youtube. Hal ini adalah peluang usaha bagi para pemilik aplikasi, blog dan juga Youtuber yang memiliki konten agar bisa dipasangi iklan. Para netizen harus memiliki media online sebagai pemasangan iklan untuk ladang penghasilan melalui Adsense.

1. Penghasilan Adsense Melalui Blog
Google Adsense menjadi primadona bagi para blogger untuk bisa menghasilkan uang melalui blog karena bayaran yang diberikan cukup tinggi. Banyak sekali blogger yang menjadi kaya raya dengan mengandalkan penghasilan dari pemasangan iklan Adsense. Perolehan penghasilan para blogger senior bisa mencapai ratusan juta rupiah setiap bulan dengan memiliki beberapa blog.

Para blogger bisa mengajukan pendaftaran untuk menjadi publisher Adsense dalam pemasangan iklan yang akan ditampilkan pada setiap halaman blog. Setelah mengajukan pendaftaran, maka pihak Adsense akan melakukan review selama beberapa hari tentang isi atau konten yang ada didalam blog. Pihak Google hanya menerima blog yang sesuai dengan persyaratan sebagai partner Adsense.

Sebelum mendaftarkan blog, sebaiknya membaca dahulu peraturan yang telah ditetapkan agar mengoptimasi blog bisa sesuai dengan persyaratan. Jika blog sudah sesuai dengan TOS yang tertulis, maka peluang diterima sebagai publisher Adsense semakin besar. Namun jika konten blog tidak sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan, maka pasti akan ditolak dan harus memperbaikinya.

Pihak Adsense masih memberikan kesempatan bagi para blogger untuk mengajukan kembali blognya agar menjadi pemasang iklan. Banyak para blogger yang bisa diterima sebagai pemasang iklan setelah mengajukan pendaftaran sampai 3 kali hingga akhirnya berhasil. Hal ini karena review akan dilakukan oleh beberapa ahli sehingga blog harus bisa memiliki konten yang menarik bagi pengunjung.
Panduan Awal Belajar AdSense (Google AdSense)

2. Mencari Uang Melalui Youtube
Pemiliki channel Youtube juga diberikan kesempatan menjadi pubisher Adsense dengan menampilkan iklan pada video yang dimiliki. Para Youtuber bisa mengunggah video apa saja yang menarik dan bermanfaat serta memberikan hiburan bagi pemirsa. Setelah memiliki penonton lebih dari 1000 pemirsa bisa mengajukan diri menjadi partner Youtube dan mengaitkannya dengan Google Adsense.

Persyaratan bagi Youtuber memang lebih mudah daripada blog dan banyak yang bisa diterima dengan cepat karena tidak memerlukan review lama. Para Youtuber hanya dituntut untuk menyediakan konten video yang unik, menarik dan menghibur bagi para pemirsa. Karena itulah lebih banyak Youtuber yang sukses daripada pemilik blog karena situs Youtube sudah memiliki milyaran pengunjung setiap hari.

Proses optimasi Youtube sangat mudah dan banyak video yang tidak menggunakan teknik SEO bisa menjadi viral dan menghasilkan banyak uang. Mencari penghasilan melalui Youtube memang sangat cocok bagi para pemula karena pekerjaannya juga lebih mudah dan tidak memerlukan keahlian SEO. Modalnya hanya ketekunan saja untuk mengupload video yang menarik menggunakan smartphone.

3. Website Untuk Iklan Adsense
Saat ini banyak sekali website yang menampilkan iklan Adsense, seperti situs portal berita, lowongan kerja dan mini site serta masih banyak lagi.Tentu saja para pemilk website juga tidak mau menyia-nyiakan kesempatan penghasilan yang gurih sebagai publisher iklan. Hal ini karena pihak Adsense memiliki program penghasilan CPM yang akan mendapatkan uang jika iklan sudah dilihat 1000 views.

Tentu saja hal tersebut sangat mudah bagi website portal berita, situs forum dan lainnya yang selalu dibanjiri ribuan pengunjung setiap hari. Namun besarnya penghasilan yang diberikan pihak Adsense lebih kecil daripada melalui blog dan Youtube. Selain itu, setiap website yang akan disetujui menjadi publisher Adsense harus memiliki ribuan page view setiap hari dan peraturannya berbeda dari blog dan Youtube.

4. Aplikasi yang Memasang Iklan Adsense
Para pemilik aplikasi android juga bisa memperoleh penghasilan dari Adsense dan menjadi publisher iklan tampil ketika ada pengguna yang mendownload. Persyaratan yang harus dilakukan hanya memiliki aplikasi dan mengajukan pendaftaran melalui Admob lewat smartphone. Admob merupakan aplikasi yang dimiliki Google dan melayani pendaftaran Adsense bagi pemilik software yang didownload lewat Android.

Hal ini merupakan peluang emas bagi para programmer dan bisa menghasilkan banyak uang jika ada pengguna yang download aplikasi ataupun mengaksesnya. Pendaftarannya sangat mudah dan bisa diterima dengan cepat, asalkan memiliki aplikasi yang bisa diakses melalui smartphone.
http://bit.ly/2H3ByLK