Pentingnya Komentar untuk Blogger


Penting tidak meninggalkan komentar pada laman blog seseorang? Apa gunanya berkomentar pada postingan seseorang? Apakah itu berpengaruh pada traffic blognya atau bagaimana? Beragam pertanyaan terlontar saat sesoerang diminta untuk rajin membubuhkan komentar pada laman website maupun blog. Seringkali pengunjung merasa hal tersebut hanya sia-sia, terlebih jika komentarnya tidak berbobot atau berisi.

Meninggalkan komentar pada postingan blog seseorang sebenarnya memiliki tujuan tertentu. Ada keuntungan yang didapat, baik oleh pemilik blog maupun pengunjung pribadi. Mungkin anda tak asing dengan istilah blogwalking atau berkunjung ke laman blog orang lain. Istilah ini sudah cukup familiar bagi para blogger, termasuk blogger pemula sekalipun yang baru memulai.

Blogwalking tidak sekedar membaca postingan dari laman blog teman atau kenalan, tetapi meningkatkan impresion mereka. Tanpa kita sadari, komentar dari postingan akan menandakan bahwa mereka aktif mengelola blog tersebut. Ini bisa pula dijadikan ajang silahturahmi dan sosialisasi antara satu blogger dengan yang lainnya. Tak jarang banyak blogger yang saling berkenalan dan bertemu di dunia nyata.

Dengan blogwalking, secara tidak langsung blogger mencoba meningkatkan views pada laman blog. Begitu pula dengan meninggalkan jejak atau komentar, anda secara tersirat mengajak mereka mengunjungi blog anda. Bisa dibilang ini sebagai ajang bertukar link blog pada bagian komentar yang bisa dilihat oleh orang lain. Bayangkan berapa banyak mata yang bisa membaca dan mungkin tertarik mengunjungi halaman blog anda?
Pentingnya Komentar untuk Blogger

Manfaat dibalik komentar postingan blog


Banyaknya komentar yang membanjiri postingan blog tentu berpengaruh besar pada tingkat keaktifan penulis pada blog. Setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari meninggalkan jejak atau komentar pada postingan blog, yaitu:

1. Nilai bagi blogger
Sebuah komentar mungkin tak berarti apa-apa bagi anda yang tengah melakukan blogwalking, tapi bagaimana dengan blogger itu sendiri? Bagi seorang blogger, komentar yang ditinggalkan oleh pembaca bak penilaian atas postingan yang mereka buat. Ini artinya tulisan yang dipublish memiliki efek tersendiri bagi pembaca, entah itu bermanfaat atau malah ada kekurangannya.

Semakin sering anda membalas komentar para pengunjung, maka semakin ramai pula traffic blog anda. Sebisa mungkin usahakan membalas setiap komentar yang disampaikan dan jangka waktu tidak terlalu lama. Posisikan diri anda sebagai seorang pembaca yang diacuhkan, bagaimana rasanya? Begitu pula dengan mereka yang berkomentar pada laman blog anda, mereka butuh respon.

Hargailah setiap komentar yang dialamatkan pada blog anda, bila perlu apresiasi kembali. Jangan sungkan untuk menjalin interaksi antar sesama blogger di dunia maya, sebab ini akan meningkatkan ranking blog anda ke depannya. Bukan tidak mungkin blog yang anda kelola bisa semakin populer berkat pengunjung yang merasa mendapat respon positif dari laman blog tersebut.

2. Menemukan ide baru
Jarang memang blogger yang menyadari bahwa para pengunjung blog mereka menjadi sumber inspirasi mereka dalam membuat konten. Kebanyakan dari blogger menganggap ide-ide kreatif lahir dari pemikiran alamiah mereka, bukan orang lain. Hal ini tentu saja salah besar, sebab ide bisa lahir kapanpun dan darimanapun, termasuk dari komentar-komentar para pengunjung blog.

Saat anda merasakan kesulitan ide, cobalah membaca ulang beberapa komentar yang dialamatkan ke postingan di blog anda. Anda mungkin akan dibuat tercengang dengan seberapa pedulinya pembaca dengan tulisan anda. Bukan tidak mungkin untuk bahan tulisan selanjutnya anda dapatkan dari cetusan ide asal-asalan dari para pembaca yang diolah secara baik.

3. Menjalin silahturahmi
Seperti yang telah disebutkan di atas, blogger rentan bersinggungan dengan blogger lain di dunia maya. Anda bisa mengenal orang dari daerah lain dengan background berbeda lewat blog yang dikelola secara profesional. Seringkali pengunjung sengaja menautkan link dari blog yang mereka miliki atau blog orang lain. Link blog tersebut bisa anda kunjungi sesekali untuk menyegarkan ide dan konten blog pribadi.

Bila perlu jalinlah silahturahmi dengan blogger bersangkutan dengan rutin mengajak mengobrol. Anda juga bisa bertukar akun media sosial lain sebagai jembatan komunikasi di waktu lain. Cara ini paling efektif untuk bersosialisasi di era modern, terutama bagi anda yang terbatas dengan waktu. Bersosialisasi di dunia maya bukan berarti anda tak mengenal sosoknya di dunia nyata, tetapi sebaliknya.

4. Mengoreksi kesalahan
Kebiasaan buruk blogger adalah malas mengedit tulisan yang akan dipublish. Seringkali blogger melewatkan proses ini dengan alasan menghemat waktu dan ringkas. Alasan tersebut sama sekali tak mendasar, bila anda termasuk orang yang ingin memperbaiki kualitas blog. Sebuah blog berkualitas dikelola secara baik dan selalu berinovasi serta belajar untuk lebih baik di masa mendatang.

Kalau untuk mengedit saja anda merasa malas, bagaimana dengan hasil tulisan yang dibaca? Pembaca akan lebih mudah menangkap alur dan pemikiran yang coba disampaikan dengan bahasa yang mengalir. Bukan sebuah paragraf yang terkesan kaku dan seolah-olah mencontoh sana-sini tanpa ada pemikiran murni dari penulis. Ide murni penulis menjadi daya tarik tersendiri untuk dibaca.

Proses editing yang terlewat ternyata menjadi bahan komentar tersendiri bagi para pengunjung. Mereka tak segan mengingatkan anda bagian mana yang dirasa perlu dibenarkan dan bagian mana yang sudah pas. Dengan begini, di masa mendatang diharapkan blog anda jauh lebih berkualitas dalam memposting tulisan. Termasuk uneg-uneg yang mungkin ditujukan sebagai kritik sosial bagi para pembaca.

5. Meningkatkan traffic blog
Membubuhkan komentar pada blog artinya pembaca membantu traffic dan jumlah views meningkat. Walaupun rasanya komentar mereka terkesan tak berbobot, hal tersebut tetap menjadi pertimbangan tersendiri. Anda tetap harus membalas dengan bahasa yang santai dan enak untuk dibaca. Jumlah views yang meningkat pastinya bisa anda manfaatkan, terutama untuk meraup pundi-pundi rupiah.
http://bit.ly/2H3ByLK