Tips Optimasi Iklan Adsense Agar Lebih Relevan


Adsense merupakan program advertisement atau periklanan milik Google yang dapat memberi keuntungan jika dicantumkan pada suatu halaman website. Tidak dapat dipungkiri bahwa saat- saat ini banyak orang maupun perusahaan berlomba-lomba membangun situs website . Baik itu yang bersifat menghibur, inspiratif, maupun informatif.

Semua ini dilakukan agar banyak pengguna internet tertarik untuk berkunjung ke stus website tersebut. Semakin banyak pemgunjung yang datang pada situs tersebut, maka situs akan menjadi halaman yang menjanjikan untuk para pemasang iklan yang tertarik untuk berkolaborasi dengan pemilik situs.

Kolaborasi antara si pemilik situs dengan pemasanng iklan tersebut memanfaatkan program periklanan dari Google yaitu Google Adsense yang sudah disebutkan tadi. Jika kerjasama terjadi, maka ada beberapa peraturan periklanan yang Google berikan. Biasanya semua berkaitan dengan kesepakatan bagi-bagi untung dan keamanan situs.

Seiring berjalannya waktu, konten website akan di update demi meningkatkan angka statistik pengunjung yang tentunya menambah pendapatan pemilik situs dari Google Adsense. Namun tidak semua iklan yang telah dipasang dapat berfumgsi semestinya. Malahan ada beberapa situs memiliki tingkat pengunjung yang statis atau bahkan menurun. Mengapa bisa demikian? Berikut ini akan dijelaskan cara mengoptimalkan iklan Google Adsense di website anda.
Tips Optimasi Iklan Adsense Agar Lebih Relevan

Tips Andalan Agar Iklan Adsense Lebih Relevan


Pendapatan dari Google Adsense tidak serta merta kita dapatkan saat pertama kali website telah dibuat. Membangun website yang dapat menjadi sumber pendapatan merupakan perjuangan seperti membangun image webste itu sendiri. Google Adsense akan dipasang jika konten website tersebut menarik dan banyaknya pengunjung yang persentasenya stabil dari waktu ke waktu. Pemasangan iklan memang menguntungkan. Namun jangan sampai menganggu isi konten yang di butuhkan oleh pengunjung.

Di sisi lain, konten pun perlu diperhatikan. Konten website merupakan alasan pengunjung datang. Demikian juga dengan pihak Google dalam memasang iklan pun akan memantau konten dalam suatu situs web. Persyaratan isi konten biasanya juga menjadi pertimbangan pihak Google Adsense. Konten yang unik dann positif biasanya akan menarik minat Google yang memantau statistik pengunjung website dari kejauhan. Saat website memenuhi syarat yang diajukan Google, maka situs di monetisasi untuk pemasangan iklan Google Adsense.

Pemasangan Iklan perlu memerhatikan beberapa hal berikut agar hasil pendapatan anda lebih relevan.

1) Membangun website hanya untuk iklan Adsense
Pastikan website yang sedag anda rintis dikhususkan hanya untuk di isi iklan Google Adsense. Apabila terdapat iklan lain selain dari Google Adsense, maka dapat mengurangi pendapatan website anda. Pennghasilan tidak terfokus pada iklan Adsense dan malah terbagi dengan iklan lain saat pengunjung melakukan klik.

2) Pertimbangkan tempat pemasangan iklan
Coba pertimbangkan lokasi yang strategis untuk pemasangan iklan. Tempat dimana para pengunjung website anda berpotensi untuk melakukan klik pada iklan. Cobalah memasang iklan dibawah artikel website anda. Biasanya setelah pengunjung membaca artikel menarik dari website anda, maka akan melihat iklan tepat dibawah artikel. Kemungkinannya besar iklan tersebut akan mendapatkan klik yang sah.

3) Maksimalkan format Iklan
Salah satu faktor yang menjadikan pendapatan Google Adsense relevan adalah dengan memperhatikan ketentuan ukuran iklan yang telah ditentukan oleh Google pada email anda. Advertiser pada umunya memasang iklan dengan ukuran 300 x 250--336 x 280 dan 300 x 600 juga 250 x 250. Pentingnya mengikuti ketentuan Google tersebut dipastikan dapat berdampak baik untuk meningkatkan pendapatan Google Adsense anda.

4) Pastikan loading website ringan
Salah satu menjadi penghambat iklan Adsense tidak relevan yaitu karena loading web terlalu berat dan akhirnya lemot. Faktor yang satu ini juga menjadi saran Google kepada pemilik website. Kesuksesan website juga ditentukan karena kecepatan loading. Jika loading berat dan lama, maka pengunjung akan malas melihat-lihat website kita apalagi melakukan klik pada iklan Adsense, Malahan pengunjung akan berpindah ke website yang lain.

Apabila loading website cepat dan ringan maka website akan bertengger di barisan pertama, halaman pertama pada mesin pencarian. Pengunjung juga akan cenderung melakukan klik pada website di halaman pertama Google. Solusi agar website menjadi ringan yaitu dengan menggunakan tema website yang tidak memakan kapasitas halaman web. Gunakanlah tema yang sederhana dan tidak memberatkan proses memuat halaman saat di klik, tema ini biasa dikenal dengan sebutan fast responsive theme for adsense. Setidaknya web akan cepat berproses dan menampilkan iklan Adsense dengan sempurna.

Pastikan anda terus menggali informasi seputar Google Adsense. Sebab dunia marketing di internet tidak sebatas tulisan yang sudah anda baca di atas. Masih banyak faktor-faktor lain yang bisa meningkatkan pendapatan iklan Adsense selain mengoptimasi iklan menjadi lebih optimal. Jadi, jangan hanya terfokus pada satu masalah saja.