Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube


Saat ini banyak sekali para pengguna internet yang memanfaatkan situs Youtube sebagai ladang penghasilan karena tergolong usaha yang mudah. Untuk bisa menghasilkan uang, cukup dengan mengupload video yang menarik secara rutin pada channel yang dimiliki. Jika sudah memiliki banyak pengunjung, maka video tersebut bisa diselipkan iklan sebagai mesin uang dari internet.

Sudah banyak para Youtuber yang memiliki penghasilan puluhan dan bahkan ratusan juta setiap bulan. Sebagian besar wirausaha upload video Youtube berasal dari kalangan anak-anak muda yang rajin mengunggah konten yang menarik. Diantara mereka juga ada yang menjadi artis karena videonya viral dan ditonton jutaan pemirsa seperti Justin Bieber.


Darimana Sumber Penghasilan Para Youtuber


Setiap video yang telah memiliki iklan, tentu saja akan mendapatkan penghasilan dari penayangan promosi tersebut. Bentuk iklan ada beberapa jenis, promosi dalam bentuk video yang bisa ditayangkan pada awal, tengah dan akhir. Iklan dalam bentuk video memang bisa diskip para penonton, namun pemilik channel tetap mendapatkan penghasilan dari tayangan promosi tersebut.

Sedangkan iklan dalam bentuk tulisan berada di bawah layar video dan para penonton juga bisa menghilangkan tayangan tersebut. Namun para Youtuber juga masih mendapatkan uang dari penayangan iklan tulisan. Penghasilan iklan tulisan dihitung berdasarkan durasi tayangan dan klik penonton. Walaupun tidak ada yang klik iklan, namun masih menghasilkan uang dari penghasilan CPM.

Iklan CPM atau Cost Per Mile adalah penghasilan yang didapatkan Youtuber jika sudah menayangkan sarana promosi lebih dari seribu kali. Besarnya penghasilan CPM memang bervariasi, dari 3000 sampai 10ribu rupiah setelah 1000 penayangan tergantung kebijakan pihak Google Adsense dan MCN. Para Youtuber bisa mendaftarkan channel agar video bisa menayangkan iklan kepada kedua pihak tersebut.

Sedangkan iklan gambar berada di sudut kiri atas yang tidak bisa dihilangkan sehingga berpotensi untuk terus terlihat para penonton. Tentu saja iklan tersebut memiliki potensi besar dalam penghasilan CPM dan akan terus terlihat ketika video ditonton. Selain itu, memiliki peluang besar dan berpotensi datangnya klik iklan dari para pengunjung dan tentunya penghasilan akan semakin besar.

Penghasilan terbesar dari penayangan iklan adalah berdasarkan jumlah klik atau PPC Pay Per Klik. Setiap penonton yang melakukan klik iklan akan dialihkan menuju website milik pengiklan dan pemilik channel akan mendapatkan penghasilan. Namun penghasilan bisa didapatkan jika penonton yang melakukan klik iklan bisa bertahan pada situs pengiklan lebih dari 10 menit.

Besarnya penghasilan dari klik iklan memang berbeda-beda, tergantung wilayah negara dan juga kata kunci yang digunakan. Untuk wilayah Indonesia, pendapatan dari klik iklan berkisar antara 300 sampai 2000 rupiah atau lebih. Jika iklan yang ditayangkan memiliki kata kunci yang banyak dicari seperti bisnis online dan fashion, maka penghasilannya sangat besar.

Sedangkan untuk klik iklan dengan kata kunci yang jarang dicari orang, seperti pendidikan dan lainnya memang pendapatannya sedikit. Karena itulah jika ingin mendapatkan penghasilan yang besar dari klik iklan yaitu menunggah video-video berkaitan dengan kata kunci mahal. Namun tema video dengan kata kunci mahal, banyak sekali saingannya sehingga harus bekerja keras agar kebanjiran pemirsa.

Pihak yang mengatur penayangan iklan, yaitu Google Adsense dan MCN akan memasang promosi berdasarkan tema channel yang relevan. Jika channel berisi video tentang kata kunci yang mahal, maka penghasilan dari tayangan iklan juga akan semakin besar. Namun lebih baik fokus untuk mengunggah video yang berkualitas agar bisa ditonton jutaan orang sehingga menghasilkan banyak uang.
cara mendapatkan uang dari youtube

Langkah-langkah Untuk Menghasilkan Uang dari Youtube


1. Memiliki Akun Gmail
Para pengguna yang ingin menekuni usaha menjadi Youtuber harus memiliki channel sebagai tempat untuk mengunggah video dengan akun Gmail. Caranya dengan membuat akun email pada situs Google dan bisa login menggunakan id gmail tersebut dan membuat channel. Pengguna Youtube bisa membuat beberapa channel sekaligus dengan nama berbeda-beda dan sesuai tema video yang akan diunggah.

Channel dengan nama yang berkaitan dari video akan lebih mudah dirayapi mesin pencarian Youtube dan gampang diingat para pemirsa. Selain itu, channel akan lebih mudah masuk ke halaman utama pencarian Youtube sehingga berpotensi untuk dilihat banyak pengunjung. Hal ini juga akan membuat video channel bisa cepat memiliki ribuan penonton dan mudah diterima untuk dipasangi iklan.

2. Mendaftar Youtube Partner Agar Video Bisa Menampilkan Iklan
Syarat utama agar video bisa dipasangi iklan yaitu channel yang dimiliki harus mendapatkan persetujuan sebagai Youtube Partner. Untuk bisa menjadi Youtube Partner, setiap channel yang diajukan sudah memiliki video yang ditonton lebih dari 10ribu pemirsa. Tentu saja bukanlah hal yang mudah bagi Youtuber pendatang baru dan setidaknya membutuhkan waktu 1 sampai 3 bulan.

3. Mengajukan Channel Youtube Menjadi Pemasang Iklan Google Adsense
Cara mendaftar Google Adsense yaitu menekan tombol Creator Video yang ada pada ikon atau gambar channel di sebelah kanan atas. Selanjutnya menuju tab Saluran, lalu masuk ke bagian status dan fitur untuk mengaktifkan status Monetasi. Kemudian akan menuju halaman peraturan Youtube Partner dan mencentang 3 kolom kecil dibagian paling bawah dan memencet tombol Setuju.

Setelah itu akan memasuki halaman Google Adsense dan mengisi data pribadi untuk mengajukan permohonan agar video bisa dipasangi iklan. Kemudian menunggu persetujuan dari Adsense yang akan meninjau video-video pada channel yang didaftarkan, apakah sesuai dengan peraturan atau tidak. Jika video yang dimiliki memang original dan tidak melanggar peraturan, maka permohonan akan disetujui.

4. Alternatif Adsense Agar Video Bisa Menayangkan Iklan
Youtuber juga bisa mendaftarkan channel agar bisa dipasangi iklan melalui situs-situs MCN dan mengajukan diri sebagai partner. Banyak sekali situs MCN dari dalam maupun luar negeri yang bisa dipilih sesuai dengan selera. Setiap website MCN memiliki persyaratan yang berbeda-beda dalam hal video pada channel, jumlah penonton dan subscriber serta alat pembayaran.
http://bit.ly/2H3ByLK