Panduan Belajar Google AdSense Untuk Pemula


Dari sekian banyak cara yang bisa dilakukan untuk monetisasi blog, salah satu yang terbaik adalah monetisasi menggunakan Google Adsense. Selain menjanjikan penghasilan yang lebih besar, Google juga merupakan portal PPC terpercaya yang sangat kecil kemungkinannya untuk melakukan “pembodohan” tehadap anda. Pastinya anda tahu kalau dunia maya merupakan dunia yang paling rentan terhadap penipuan. Karenanya segala sesuatu yang terpercaya seperti ini sangat dibutuhkan.

Bagi anda para pemula yang baru saja terjun di dunia blogging, pastinya anda masih asing dengan istilah google adsense ini bukan? Karenanya pada postingan kali ini saya akan memberikan panduan belajar Google adsense yang efektif untuk anda para pemula. Tentunya jika anda memahami google adsense ini lebih jauh, anda akan bisa menghasilkan uang dari blog dengan segera.


Apa Itu Google Adsense?


Google adsense adalah subsidiary dari google. Sebagaimana perusahaan besar pada umumnya, selalu ada divisi khusus yang menangani bidang tertentu. Hal ini pula yang mendasari dibentuknya google adsense oleh Google Inc. Adsense adalah sub bagian dari google yang khusus menangani bidang periklanan dari client mereka. Adsense ini bertugas mempublikasikan iklan dari klien google dan menempatkan iklan tersebut sesuai ranahnya masing masing.

Adsense ini kemudian bekerja sama dengan blog dan situs yang memiliki konten sesuai dengan jenis iklan dari klient mereka. Situs atau blog yang membahas masakan, pasti akan dijadikan tempat memasang iklan terkait masakan, restoran, atau alat alat memasak oleh adsense ini. begitu pula situs dengan materi pembahasan yang lain, pastinya adsense akan menempatkan iklan yang relevan juga disana.
Panduan Belajar Google AdSense Untuk Pemula

Bagaimana cara mendapatkan akun dan bekerja sama dengan Adsense?


Sebenarnya ada kesalahpahaman yang besar terkait akun adsense ini. Anda hanya tinggal membuka situs resmi google adsense dan log in di sana dengan menggunakan email google anda dan selesai. Akun adsense anda sudah jadi. Akun ini dinamakan Account ID. Yang susah itu menjadikan blog yang anda miliki sebagai wadah bagi anda untuk menempatkan iklan adsense tersebut. Masing masing blog yang anda daftarkan juga akan memiliki akun. Namanya Client ID.

Ada beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi blog agar bisa diterima oleh adsense diantaranya.

1. Niche Blog
Niche blog harus berkualitas dan tidak melanggar TOS (terms of services) google adsense seperti misalnya niche yang membahas tentang pornografi, SARA, alkohol dan obat obatan terlarang, dan banyak yang lainnya. Silakan anda lihat di TOS Goodle di situs resmi adsense. Jika blog anda membahas salah satu dari hal ini, pastinya sangat kecil kemungkinan blog anda untuk diterima oleh Adsense.

2. Jumlah Visitor
Syarat kedua yang harus dipenuhi adalah jumlah visitor di blog anda. Jika anda memiliki blog dengan jumlah visitor yang stabil dan berasal dari hasil pencarian organik google (unique visitor), sangat besar potensi anda untuk bisa diterima dan bekerja sama dengan google adsense ini. Jadi jangan dulu mendaftar adsense jika jumlah visitor di blog anda belum memenuhi kriteria adsense satu ini.

Berdasarkan pengalaman pribadi, saya pernah di terima google adsen dengan jumlah visitor unik 100-150 orang perharinya. Mungkin ini bisa jadi acuan untuk anda.

3. Usia Blog
Di negara lain, Adsense mengharuskan usia blog yang hendak di daftarkan sudah mencapai minimal 6 bulan terlebih dahulu. Tapi di Indonesia, hanya butuh usia blog minimal 3 minggu hingga 1 bulan saja. Dan ini pun tergantung jumlah postingan yang sudah anda publish. Jika anda memiliki blog berusia lebih dari satu bulan tapi postingannya baru satu atau dua, mungkin anda belum memenuhi kriteria yang diberlakukan oleh adsense ini.


Jika sudah diterima Google Adsense, apa yang harus dilakukan?


Jika anda sudah memiliki akun adsense dan blog yang anda miliki sudah disetujui, selanjutnya anda hanya tinggal melakukan penyesuaian pada settingan blog anda. Caranya mudah,

1. log in ke blog anda
2. klik menu penghasilan
3. Centang opsi “tampilkan iklan di blog anda”
4. klik save

Dengan melakukan hal di atas, anda sudah siap untuk memasang iklan adsense di blog anda. Perlu anda ketahui, iklan adsense ini tidak akan muncul dengan tiba tiba. Anda harus menyiapkan wadah untuk adsense ini. caranya mudah sekali.

1. Klik menu tampilan
2. Pilih sisi mana yang akan anda isi dengan iklan adsense
3. Klik add widget, Pilih adsense
4. Klik oke

Iklan adsense ini biasanya tidak langsung muncul, tunggu sesaat hingga iklannya muncul. Setelah iklan adsense ini muncul, artinya proses yang anda lakukan berjalan denga sukses. Anda bisa juga melakukan modifikasi Html dan memasang iklan adsense di awal, tengah, atau di akhir postingan yang anda buat.


Bagaimana Cara meningkatkan penghasilan adsense?


Satu satunya cara yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan earning adsense anda adalah dengan melakukan optimasi SEO. Ada banyak cara yang bisa diterapkan dari mulai riset keyword. meta deskripsi, membangun backlink, membuat sitemap, dan banyak cara lainnya.

Bagaimana cara mengecek penghasilan adsense dan mencairkannya?


Untuk mengecek earning dari adsense anda, anda hanya perlu log ini ke akun anda. Di bagian dashboard, anda bisa melihat menu balance. Disana akan ditampilkan berapa penghasilan adsense yang sudah anda miliki. Anda bisa juga melihat penghasilan perhari, perminggu dan perbulan dari akun adsense milik anda ini.

Dari segi proses pencairan, anda tidak perlu takut ribet. Inovasi terbaru adsense saat ini, anda bisa mentransferkan uang dari saldo adsense anda langsung ke rekening. Anda hanya tinggal memasukkan nama bank dan nomor rekening anda di menu pembayaran. Nantinya google akan mnetransferkan uang dengan nominal yang unik misalkan Rp.134,- atau Rp. 351,- anda hanya tinggal melakukan verifikasi dengan memasukkan nominal unik tersebut pada kolom yang diminta.
http://bit.ly/2H3ByLK